TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

NASA Uji Roket Terkuat Pengangkut Manusia ke Mars

Roket ini dinamakan Space Lauch System.
NASA Uji Roket Terkuat Pengangkut Manusia ke Mars
Pengujian pendorong roket terkuat NASA, SLS di Utah, Amerika Serikat (NASA)

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengetes roket pengangkut manusia ke luar angkasa, Space Launch System (SLS). Pada akhirnya, roket pendorong pesawat luar angkasa itu akan membantu manusia mencapai ke Mars.

Bukan sembarang roket tentunya. SLS diyakini merupakan roket pendorong terkuat yang pernah dibuat oleh manusia. Sebab, untuk mencapai Mars yang jaraknya 250 juta mil atau sekitar 400 juta kilometer, tentu membutuhkan pesawat antariksa dengan daya dorong yang cukup kuat.

Dilansir Space, Rabu, 29 Juni 2016, selama pengujian, uji SLS yang dilakukan di salah satu bukit di Utah, Amerika Serikat ini mendapat perhatian masyarakat. Setidaknya selama dua menit, ada ribuan orang yang menyaksikan semburan api dari SLS, yang berbuah kepulan asap menghiasi langit Utah.

"Tapi ada hal besar yang tidak Anda lihat. Semua (pengujian) itu akan mengumpulkan data bagi para insiyur untuk meninjau dengan hati-hati guna membuktikan (roket) pendorong siap diterbangkan," ucap Manajer SLS, Bruce Tiller.

Sementara itu, Administrator Asosiasi untuk Eksplorasi Manusia dan Direktorat Misi Operasi di NASA, William Gerstenmaier, mengungkapkan, kalau pengujian roket SLS menjadi tanda baik untuk mengirim misi berawak.

"Melihat tes ini akan membantu kita terus memajukan eksplorasi manusia dan melampaui batas baru bagi ilmu pengetahuan dan teknologi misi di luar angkasa."

Pengujian daya dorong roket SLS ini akan membawa kapsul Orion untuk menjalankan misi tak berawak ke Bulan pada 2018 nanti.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP