TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Kini Kapal Pelni Dilengkapi Wi-Fi

Tahap awal sudah terpasang di kapal Kelud dan kapal Tidar.
Kini Kapal Pelni Dilengkapi Wi-Fi
Sejumlah pemudik mengantre menaiki KM Kelud tujuan Tanjung Priok di Pelabuhan Beton Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (21/6/2016).  (ANTARA/M N Kanwa)

VIVA.co.id – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menjalin kerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) untuk menghadirkan layanan jaringan internet atau Wi-Fi di atas kapal. Selain itu, kolaborasi kedua perusahaan pelat merah ini juga terkait kontrak kerja sama ICT sistem komunikasi kapal laut (Siskomkap).

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan, kerja sama dengan Pelni telah dilakukan sejak tahun lalu. Kini tepat satu tahun kemudian, kedua pihak menyediakan fasilitas Wi-Fi dari Telkom untuk dipasang di kapal-kapal milik Pelni.

"Kalau tahun lalu, kami kembangkan Siskomkap. Sekarang kami sediakan fasilitas Wi-Fi untuk para penumpang di kapal Pelni," ucap Awaluddin di Terminal Penumpang Pelni, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa, 28 Juni 2016.

Keberadaan fasilitas Wi-Fi itu akan memudahkan penumpang dalam berkomunikasi kepada sanak saudara baik ketika pergi maupun pada saat kedatangan di tempat tujuan. Namun komunikasi akan tersendat saat penumpang sedang berada di tengah lautan yang diketahui minim akan keberadaan sinyal komunikasi.

"Saat pergi dan akan sampai, kita bisa sampaikan kabar kita tapi kita sedang di tengah lautan, tentu itu akan jadi penghambat karena tidak adanya komunikasi. Untuk itu, fasilitas ini akan menjadi penunjang penumpang bisa berkomunikasi dengan lancar," jelasnya.

Untuk tahap awal, ruang lingkup kontrak perjanjian Telkom dan Pelni meliputi penyedian Wi-Fi untuk dua kapal Pelni dengan skema managed service secara bertahap sampai total 22 kapal. Fasilitas Wi-Fi sudah terpasang di dua kapal Pelni yaitu Tidar dan Kelud. Kemudian ada pula layanan VSAT SCPC, layanan Wi-Fi di area anjungan dan kantor kapal, pemasangan Wi-Fi berbasis Wi-Fi corner di PelniMart serta poliklinik di atas kapal Pelni.

Peluncuran kerja sama Wi-Fi kapal Pelni dengan Telkom.

Meski awalnya menetapkan 22 kapal bakal terpasang Wi-Fi dari Telkom, kedua belah pihak sepakat bahwa akan ada fasilitas tersebut di 24 kapal Pelni nantinya.  

"Untuk sekarang kami sudah pasang di dua kapal, yakni Tidar dan Kelud. Secara bertahap sampai akhir tahun ada 12 kapal yang terpasang Wi-Fi lalu sisanya sampai bulan Mei 2017 bisa semua terpenuhi dengan fasilitas Wi-Fi," ujar Awaluddin.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP