TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

BlackBerry Gaet Perusahaan Media Asal Indonesia

Emtek akan berbagi konten dengan BlackBerry
BlackBerry Gaet Perusahaan Media Asal Indonesia
Logo BlackBerry (blackberry-fr.com)

VIVA.co.id – Demi memperluas bisnis BlackBerry Messenger (BBM) di kalangan pengguna, BlackBerry mengumumkan telah menjalin kerja sama dengan perusahaan media asal Indonesia, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). Nilai kerja sama tersebut disebutkan mencari US$207,5 juta atau menembus Rp2,7 triliun, untuk enam tahun.

Dikutip dari siaran persnya, Selasa, 28 Juni 2016, kerja sama kedua perusahaan itu akan memungkinkan saling bertukar konten. Pengguna BBM bisa mendapatkan akses kepada konten Emtek sedangkan Emtek berpeluang membangun ekosistem yang mengombinasikan messaging, media sosial, konten, hiburan sampai e-commerce.

Dalam pengumuman itu dituliskan, kerja sama tersebut akan mengakselerasi visi BlackBerry untuk meningkatkan layanan BBM khususnya untuk konsumen.

Untuk memperkuat kemitraan tersebut, salah satu divisi konten Emtek, KMK Online akan berkantor di markas BlackBerry, di Toronto, Kanada, untuk bekerja dekat dengan perusahaan teknologi dunia tersebut.

Selain itu, kerja sama itu juga membolehkan Emtek untuk mendapatkan lisensi software antarmuka pemprograman aplikasi (API) dari BlackBerry untuk membantu menciptakan layanan dan aplikasi baru di iOS, Android dan Windows Phone.

Saat ini layanan messaging BBM lintas platform di Indonesia disebutkan masih diminati pengguna. Setidaknya saat ini hampir 60 juta pengguna aktif BBM bulanan di Indonesia.

"Latar belakang impresif Emtek dalam teknologi, konten dan hiburan membuat mereka menjadi mitra sempurna untuk memaksimalkan potensi platform messaging BlackBerry, juga untuk memenuhi tujuan keuangan dan finansial kami,” ujar Executive Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) BlackBerry, John Chen.

Bos BlackBerry itu menuturkan, pengguna BBM berhasrat untuk menggali nilai pada messaging tersebut untuk berbagi dan terhubung dengan pengguna lainnya.

"Kami ingin melanjutkan penawaran kepada pengguna kami dengan lebih banyak media yang kaya konten dan layanan baru misalnya e-commerce, video, musik dan game," ujarnya.

Sedangkan CEO Emtek, Alvin Sariatmadja mengatakan kerja sama perusahannya dengan BlackBerry akan memungkinkan para pengguna BBM untuk mengakses konten eksklusif berupa hiburan, teknologi dan produk dan layanan digital Emtek yang banyak dicari.

"Kami melihat peluang  besar untuk mengembangkan bisnis konsumen BBM secara global dan bersemangat untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk lebih memajukan BBM," ujar Alvin.

Bermitra dengan Emtek memungkinkan pertumbuhan sektor konsumen dan korporat BBM. Seiring pengembangan Emtek atas platform konsumen, BlackBerry akan meneruskan pertumbuhan platform korporat dengan BBM Protected, layanan pesan antar platform yang paling aman di dunia. BBM Protected menyediakan layanan pesan di level korporat untuk iOS, BB10 dan BBOS, dan memungkinkan para pengguna untuk terus terhubung dan berinteraksi satu sama lain dengan mengirimkan pesan, suara dan komunikasi video.

 

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP