TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Tembok Raksasa Bakal Dibangun di Dasar Laut China Selatan

Tembok raksasa bakal dibangun China di kedalaman tiga kilometer.
Tembok Raksasa Bakal Dibangun di Dasar Laut China Selatan
Ilustrasi tembok raksasa China di dasar Laut China Selatan (www.livescience.com/tuku.military.china.com)

VIVA.co.id – China diam-diam menyiapkan operasi di dasar Laut China Selatan (LCS). Negeri Tirai Bambu itu dikabarkan sedang merancang semacam stasiun operasi di dasar LCS.

Dikutip dari Live Science, Senin 27 Juni 2016, misi itu disebutkan bertujuan untuk mencari sumber mineral di LCS.

Untuk mewujudkan misi tersebut, China dikabarkan akan membangun basis stasiun pada kedalaman tiga kilometer di bawah permukaan LCS. Stasiun itu ke depan juga bisa dihuni secara penuh oleh kru.

Rencana ini terbilang gila. Sebab, selama ini tidak pernah ada upaya untuk membangun stasiun di dalam air dengan kedalaman hingga tiga kilometer.

Kemudian, para pihak yang mengkhawatirkan stasiun tersebut bisa menjadi jangkar bagi pembangunan tembok besar raksasa bawah laut milik China.

Sementara itu, menurut laporan pada Mei lalu, tembok raksasa bawah laut itu mengacu pada jaringan mengambang dan sensor terendam yang dirancang untuk mendeteksi kapal selam musuh.

Rencana itu terlihat serius. Sebab, belum lama ini China telah merilis robot dan drone bawah air.

Drone tersebut disebutkan bisa bermanuver di permukaan air dan kedalaman laut. Drone ini mampu membawa senjata antikapal selam dan muatan lainnya.

Pejabat China belum lama ini mengakui stasiun di dasar LCS bertujuan untuk pengembangan sumber daya alam. Tapi, tidak menutup kemungkinan platform bangunan itu bisa dimanfaatkan untuk tujuan militer.

Diketahui, LCS hingga saat ini merupakan area yang masih menjadi sengketa antara China dengan Vietnam dan Filipina.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP