TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Anak Usaha Pelindo II Punya Aplikasi Panggilan Truk

Untuk mempermudah pengelolaan perencanaan operasional terminal.
Anak Usaha Pelindo II Punya Aplikasi Panggilan Truk
Pelindo II Lakukan Modernisasi di Lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Anak usaha Pelindo II, PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) kini memiliki aplikasi mobile untuk truck announcement (informasi panggilan truk). Aplikasi ini dibuat oleh PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS), yang merupakan perusahaan patungan antara PT Pelindo II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Disebutkan oleh pihak ILCS, aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah pengelolaan perencanaan operasional terminal. Artinya, dengan aplikasi ini diharapkan order atau panggilan ke truk di IKT menjadi lebih mudah, lebih baik, lebih cepat dan real time.

"Aplikasi ini akan menjadi pendukung dari aplikasi Car Terminal Operating System (CarTOS) yang dimiliki IKT. Dalam pelaksanaannya, CarTOS membutuhkan dukungan proses informasi order atau panggilan ke truk yang akan mengirim atau mengambil kendaraan sehingga proses layanan ke pelanggan dapat berjalan maksimal," ujar Direktur Utama ILCS, Yusron Haryadi, dalam keterangannya, Jumat, 24 Juni 2016.

Mobile Truck Announcement berfungsi sebagai aplikasi pendukung CarTOS, digunakan oleh trucking company dan truck driver yang akan berkunjung ke IKT. Aplikasi ini  diintegrasikan dengan CarTOS dan fungsi gate system dari IKT sehingga proses dari announcement dapat terintegrasi end to end.

Implementasi Mobile Truck Announcement ini dapat dimanfaatkan tidak hanya oleh IKT melainkan juga pemilik barang maupun rekanan bisnis IKT, khususnya Perusahaan Trucking atau Car Carrier.

"Fitur ini dapat diakses di manapun dan kapanpun oleh semua platform ponsel secara real time. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi fitur track and trace informasi dan broadcast message yang memberikan kemudahan kontrol,” kata Yusron.

ILCS didirikan oleh PT Pelindo II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). ILCS menawarkan total solusi ICT kepada komunitas logistik. Mulai dari pertukaran dokumen elektronis dan informasi, integrasi sistem logistik, menyediakan sistem untuk kegiatan operasional di unit-unit pelabuhan seperti terminal, gudang, dan kapal, serta menyediakan sistem informasi e-payment dan e-billing untuk jasa kepelabuhanan.

Tersedia juga penyediaan infrastruktur IT (network & device), aplikasi logistik yang terintegrasi, jasa konsultasi penerapan ICT (Consulting & Design) hingga melakukan Developing, Integration, dan Manage Service/Operation. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP