TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Jawa Tengah Kebagian Penambahan Kapasitas Jaringan Telkomsel

Utamanya di jalur mudik di Jawa Tengah dan sekitarnya.
Jawa Tengah Kebagian Penambahan Kapasitas Jaringan Telkomsel
BTS Telkomsel (Telkomsel)

VIVA.co.id – Telkomsel menyatakan siap dengan lonjakan trafik komunikasi selama arus mudik hingga Lebaran. Bahkan, untuk memanjakan para pemudik, Telkomsel telah melakukan test drive di sepanjang jalur mudik.

GM ICT Operation Region Jawa Tengah dan DIY Telkomsel, Iswandi, mengatakan bahwa jelang arus mudik hingga Idul Fitri mendatang, pihak Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi. Lonjakan tersebut akan terlihat di sepanjang daerah jalur mudik serta obyek tujuan wisata di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

"Pada Ramadan dan Lebaran tahun ini lonjakan trafik diperkirakan akan terjadi pada layanan SMS, berkisar antara 39 persen mencapai 79 juta SMS. Layanan data naik 47 persen menembus 309 Terabyte dan layanan voice naik 19 persen menjadi 123 juta MoU (Minute Of Usage)," kata Iswandi, Jumat, 24 Juni 2016.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi tersebut, lanjut dia, Telkomsel telah melakukan uji coba di sepanjang jalur yang dilalui para pemudik. Hal ini dilakukan untuk memastikan pemudik tetap bisa merasakan layanan komunikasi yang bagus dari Telkomsel.

"Telkomsel telah melakukan network drive test yang dilakukan di jalur mudik di Jawa Tengah, baik menggunakan jalur darat maupun transportasi kereta api," ujar Iswandi.

Selain itu, Iswandi juga menambahkan, seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, selama arus mudik hingga Lebaran nanti akan diantisipasi dengan ketersediaan Visitor Location Register (VLR). Database yang berisi informasi tentang pengguna roaming di antara area lokasi Mobile Switching Center (MSC), untuk mengetahui kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

"Di sepanjang jalur mudik Jawa Tengah dan DIY telah disediakan kelonggaran sebesar 50 sampai 60 persen. Hal ini akan membantu pelanggan tetap tersambung dengan layanan Telkomsel," ucapnya. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP