Jawa Tengah Kebagian Penambahan Kapasitas Jaringan Telkomsel

BTS Telkomsel
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA.co.id – Telkomsel menyatakan siap dengan lonjakan trafik komunikasi selama arus mudik hingga Lebaran. Bahkan, untuk memanjakan para pemudik, Telkomsel telah melakukan test drive di sepanjang jalur mudik.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

GM ICT Operation Region Jawa Tengah dan DIY Telkomsel, Iswandi, mengatakan bahwa jelang arus mudik hingga Idul Fitri mendatang, pihak Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi. Lonjakan tersebut akan terlihat di sepanjang daerah jalur mudik serta obyek tujuan wisata di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

"Pada Ramadan dan Lebaran tahun ini lonjakan trafik diperkirakan akan terjadi pada layanan SMS, berkisar antara 39 persen mencapai 79 juta SMS. Layanan data naik 47 persen menembus 309 Terabyte dan layanan voice naik 19 persen menjadi 123 juta MoU (Minute Of Usage)," kata Iswandi, Jumat, 24 Juni 2016.

Hati-hati, SIM Swapping is Back

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi tersebut, lanjut dia, Telkomsel telah melakukan uji coba di sepanjang jalur yang dilalui para pemudik. Hal ini dilakukan untuk memastikan pemudik tetap bisa merasakan layanan komunikasi yang bagus dari Telkomsel.

"Telkomsel telah melakukan network drive test yang dilakukan di jalur mudik di Jawa Tengah, baik menggunakan jalur darat maupun transportasi kereta api," ujar Iswandi.

7 Operator Telekomunikasi Bikin Aliansi, Ada Telkomsel

Selain itu, Iswandi juga menambahkan, seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, selama arus mudik hingga Lebaran nanti akan diantisipasi dengan ketersediaan Visitor Location Register (VLR). Database yang berisi informasi tentang pengguna roaming di antara area lokasi Mobile Switching Center (MSC), untuk mengetahui kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

"Di sepanjang jalur mudik Jawa Tengah dan DIY telah disediakan kelonggaran sebesar 50 sampai 60 persen. Hal ini akan membantu pelanggan tetap tersambung dengan layanan Telkomsel," ucapnya. (ase)

Ilustrasi perangkat/smartphone.

Lacak Nomor HP dengan 4 Cara, Terakhir Bisa Cek Tarif Tol

Lacak nomor HP seseorang bisa dilakukan. Tidak hanya lokasi orang yang dituju tapi juga HP yang hilang. Namun, ada syaratnya.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024