TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

VIDEO: Organ Manusia Sukses Dicetak 3D di Antariksa

Tim peneliti berhasil mencetak struktur jantung dan pembuluh manusia.
VIDEO: Organ Manusia Sukses Dicetak 3D di Antariksa
Telinga buatan yang dicetak oleh printer 3D (www.mashable.com/Wake Forest Institute for Regenerative Medicine)

VIVA.co.id – Ruang mikrogravitasi menjadi salah satu lingkungan yang dipakai untuk menguji sebuah percobaan. Menariknya belum lama ini terobosan percobaan berhasil dilakukan di ruang mikrogravitasi tersebut.

Seperti dilansir laman Space, Kamis 23 Juni 2016, untuk pertama kalinya tim peneliti berhasil mencetak dengan printer 3D struktur jantung dan pembuluh manusia. Pencetakan struktur organ manusia itu menggunakan sel punca dari manusia dewasa.

Pencetakan organ manusia itu dilakukan oleh tiga perusahaan yang dipimpin oleh kontraktor Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Techshot Inc. Kolaborasi perusahaan tersebut mengembangkan sebuah purwarupa bioprinter tiga dimensi (3D) khusus untuk antariksa.

Pencetak khusus itu dipakai untuk mengatasi tantangan lingkungan mikrogravitasi selama misi penerbangan parabolik Zero-G.

Chief Executive Officer (CEO) Bioficial Organs, Stuarr Williams mengatakan salah satu kunci dalam pencetakan jaringan dan organ dalam bentuk cetakan tiga dimensi yaitu kelekatan dari tinta biologi.

"Kelekatan rendah dari tinta biologi yang hanya mengandung  bahan biologi diperlukan untuk menciptakan organ yang sehat," ujar Williams dikutip dari 3Dprintingindustry.com.

Keberhasilan pencetakan 3D organ manusia di ruang mikorgravitasi ini dianggap kian menjadi nyata sama seperti pencetakan organ 3D yang sudah mulai terjadi di Bumi.

 

(ren)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP