VIDEO: Organ Manusia Sukses Dicetak 3D di Antariksa

Telinga buatan yang dicetak oleh printer 3D
Sumber :
  • www.mashable.com/Wake Forest Institute for Regenerative Medicine

VIVA.co.id – Ruang mikrogravitasi menjadi salah satu lingkungan yang dipakai untuk menguji sebuah percobaan. Menariknya belum lama ini terobosan percobaan berhasil dilakukan di ruang mikrogravitasi tersebut.

Tenang Hadapi DBD! Menkes Pastikan RS Siap Tangani Pasien, Ini Imbauannya untuk Masyarakat

Seperti dilansir laman Space, Kamis 23 Juni 2016, untuk pertama kalinya tim peneliti berhasil mencetak dengan struktur jantung dan pembuluh manusia. Pencetakan struktur itu menggunakan sel punca dari manusia dewasa.

Pencetakan organ manusia itu dilakukan oleh tiga perusahaan yang dipimpin oleh kontraktor Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Techshot Inc. Kolaborasi perusahaan tersebut mengembangkan sebuah purwarupa bioprinter tiga dimensi (3D) khusus untuk antariksa.

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Pencetak khusus itu dipakai untuk mengatasi tantangan lingkungan mikrogravitasi selama misi penerbangan parabolik Zero-G.

Chief Executive Officer (CEO) Bioficial Organs, Stuarr Williams mengatakan salah satu kunci dalam pencetakan jaringan dan organ dalam bentuk cetakan tiga dimensi yaitu kelekatan dari tinta biologi.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

"Kelekatan rendah dari tinta biologi yang hanya mengandung  bahan biologi diperlukan untuk menciptakan organ yang sehat," ujar Williams dikutip dari 3Dprintingindustry.com.

Keberhasilan pencetakan 3D organ manusia di ruang mikorgravitasi ini dianggap kian menjadi nyata sama seperti pencetakan organ 3D yang sudah mulai terjadi di Bumi.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya