Ultah Pekanbaru ke-232, Indosat Buka Jalan ke Smart City

Kantor Indosat Ooredoo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke-232, 23 Juni kemarin, Indosat Ooredoo pun memberikan 'Kado' aplikasi perpustakaan digital i-Pekan. Ini dianggap sebagai langkah awal mewujudkan Smart Society dalam kerangka Smart City di kota tersebut.

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

Donasi dari operator telekomunikasi itu terdiri dari 4.000 judul buku dalam bentuk digital. Ini menjadikan i-Pekan sebagai perpustakaan digital yang terlengkap dan dapat diakses bebas biaya di Pulau Sumatera.

Cara operator grup Ooredoo itu diyakini sebagai pendorong minat baca masyarakat Pekanbaru agar dapat terwujud Smart Society yang menjadi salah satu pilar Smart City berbasis teknologi informasi.

Akankah Terjadi Merger Lagi antar Operator Seluler di Indonesia?

President & Director Indosat Ooredoo Alexander Rusli, mengatakan bagi pihaknya, implementasi Smart City ialah suatu lompatan layanan menuju masyarakat yang lebih baik, lebih aman, lebih nyaman, lebih transparan. Ini membuktikan Indosat mendukung sepenuhnya penerapan Smart City di Indonesia dengan menyediakan solusi City Dashboard.

"Sehingga pemerintah kota dan juga masyarakatnya dapat dengan segera mendapatkan manfaat Smart City dan juga e-library i-Pekan untuk mendukung Smart Society," ucap Alex dalam siaran persnya, Kamis, 23 Juni 2016.

Dua Komisaris Indosat Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Untuk tahap awal pencanangannya, dimulai uji coba platform Smart City, yakni system Single Window City Dashboard yang ditangani oleh Indosat Ooredoo ini berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi bagi Pemerintah Kota untuk memantau situasi dan laporan masyarakat secara digital dalam satu layar.

Dengan platform Single Window City Dashboard, pemerintah kota dapat memantau seluruh fungsi aplikasi smart city dalam satu layar yaitu:

1. Fitur GIS untuk menampilkan data demography ke dalam peta
2. Integrasi dengan aplikasi pemkot yang sudah ada menjadi satu dashboard misalnya e-gov, e-tax dengan API
3. Integrasi dengan solusi cluster seperti smart light, smart cctv, smart bin dan smart traffic dengan IOT Controller
4. Fitur dispatch yang mampu mendelegasikan tugas ke pejabat pemerintah kota secara otomatis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya