TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Blibli.com Pamer Gudang Seluas 16.000 Meter Persegi

Total akan ada sembilan gudang dengan luas 200 ribu meter persegi
Blibli.com Pamer Gudang Seluas 16.000 Meter Persegi
Gudang milik Blibli.com di Cawang, Jakarta (Blibli.com)

VIVA.co.id – Sejak beroperasi 2011 silam, Blibli.com cukup agresif mengukuhkan diri sebagai e-commerce retail dan marketplace. Untuk kenyamanan berbelanja online, Blibli.com mengklaim telah memiliki beberapa gudang (warehouse) yang tersebar di beberapa titik di Jakarta.

Salah satunya adalah gudang yang berada di Dewi Sartika, Cawang. Ini adalah sistem pergudangan terintegrasi tempat menata dan mengatur barang yang masuk dan keluar.

"Ini merupakan satu di antara tiga gudang yang kami miliki. Dua lainnya ada di Cakung dan Batu Ceper. Total luas ketiga gudang kami sekitar 16.000 meter persegi," ujar CEO Blibli.com, Kusumo Martanto, Rabu malam, 22 Juni 2016.

Dikatakan Kusumo, selain tiga gudang tersebut, pihaknya sedang menyiapkan enam gudang tambahan dengan total luas mencapai 200 ribu meter persegi, lengkap dengan 200 pusat pemenuhan kebutuhan (fullfilment center). Semua gudang tersebut diperkirakan akan rampung sampai pertengah 2018 nanti.

"Satu warehouse central itu letaknya kemungkinan masih di Jakarta, sekitar Marunda. Besarnya mencapai 10.000 hektar. Warehouse lainnya akan berfungsi juga sebagai hub untuk memenuhi kecepatan pengiriman barang ke luar pulau Jawa. Kami akan bangun di Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar," papar Kusumo.

Warehouse dan hub ini, disebutkan Kusumo, akan menjadi dasar yang cukup penting agar pihaknya bisa tetap mempercepat pengiriman, sekaligus memberlakukan gratis biaya pengiriman. Diklaim Kusumo, Blibli.com telah mampu meng-cover pengiriman ke 90 persen kelurahan yang ada di Indonesia, termasuk di luar pulau Jawa, dengan tetap memberlakukan free ongkir (ongkos kirim).

"Dengan warehouse tersebut diharapkan kami bisa me-manage transaksi dan pengiriman produk. Bayangkan, dari 15 kategori yang ada di situs kami, total ada 800 ribu produk dengan penambahan 10 ribu sampai 15 ribu produk per dua minggu," ujar Kusumo.

Sistem pergudangan tersebut menaungi semua alur proses, mulai dari saat kali pertama barang masuk (inbound), tahapan QC, penyimpanan, processing order, packaging, hingga barang siap dikirim (outbond) melalui Blibli Express maupun partner ekspedisi

Busana muslim berjaya di Ramadan

Memasuki minggu kedua bulan Ramadhan, aktifitas belanja online di Blibli.com mengalami lonjakan yang signifikan jika dibanding hari-hari biasa. Terlebih dengan digelarnya beragam program Ramadhan, mulai dari Belanja Kebaikan hingga 'Mobil Baru Rp10 Ribu'.

"Peningkatannya sangat tajam. Kategori pakaian dan kuliner yang meningkat paling tajam," ungkap Tabah Yudhananto, Senior Manager Digital Marketing, Research dan CRM Blibli.com.

Dikatakannya, penjualan busana muslim bisa meningkat sampai tiga kali lipat. Sedangkan penjualan kuliner selama Ramadan ini mencapai dua kali lipat dibanding transaksi hari biasa.

Sementara, untuk tetap memberikan layanan terbaiknya, Blibli.com melakukan langkah antisipasi dengan menaikkan kapasitas layanan warehouse dan logistik hingga 2x lipat.
"Kami ingin memastikan pelanggan bisa mendapatkan barang pesanannya tepat waktu sehingga pelanggan tetap bisa merasakan nyamannya berbelanja di Blibli.com seperti hari-hari biasanya," tambah Kusumo.

Kusumo juga memaparkan saat ini telah bekerja sama dengan 11.000 merchant. Dari angka tersebut, sekitar 2.500 merchant merupakan UKM lokal.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP