TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Roket India Bawa Satelit Lapan A3 ke Antariksa

Roket PSLV C-34 total membawa 20 satelit termasuk Lapan A3.
Roket India Bawa Satelit Lapan A3 ke Antariksa
Foto panorama roket PSLV C-34 (www.indianexpress.com/ISRO)

VIVA.co.id – Satelit buatan Indonesia, Lapan A3, telah diluncurkan ke orbit dengan menumpang roket roket India, Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) C-34 dari fasilitas Satish Dhawan Space Centre, Andhra Pradesh, Sriharikota, India, Rabu 22 Juni 2016.

Roket India tersebut memecahkan rekor program dalam negeri, sebab (PSLV) C-34 membawa sekaligus 20 satelit untuk sekali peluncuran. Makanya peluncuran roket buatan Badan Riset Antariksa India (ISRO) itu dibilang istimewa sampai petinggi negeri India mengucapkan selamat atas kesuksesan peluncuran. Rekor roket ISRO sebelumnya, yaitu pada 2008, membawa 10 satelit untuk dikirimkan ke orbit rendah bumi.

Berikut fakta dari peluncuran roket ISRO PSLV C-34 yang dirangkum dari Finantial Express, India Times:

1. Roket India itu membawa satelit utama yaitu Cartosat-2. Disamping itu roket membawa 19 satelit lain di orbit. Total bobot semua satelit tersebut yaitu 1,288 kilogram.

2. Pencitraan satelit utama akan berguna untuk kartografi, pencitraan desa dan kota. Selain itu Cartosat-2 juga dimanfaatkan untuk pencitraan lahan pantai, pemantauan jaringan jalanan, distribusi air dan penciptaan peta lahan pantai.  

3. Roket PLSV C-34 juga membawa satelit buatan Terra Bella, anak perusahaan Google yaitu SkySat Gen2-1 atau SkaySat3. Ini merupakan pertama kalinya ISRO meluncurkan satelit buatan Google.

SkaySat3 merupakan satelit pencitraan bumi yang dirancang dan dibuat oleh Terra Bella. Satelit ini mampu mengambil pencitraan gambar dalam sub meter dan video definisi tinggi. Bobot satelit ini 110 kilogram.

4. Dari 19 satelit, di luar muatan utama, dua belas di antaranya merupakan satelit pencitraan bumi milik AS dan satu satelit dari entitas AS lainnya. Sisanya adalah dua satelit Kanada, satu satelit Jerman, dan satelit Lapan A3.

Dua satelit lainnya yaitu satelit akademik milik universitas India, Sathyabama University (Sathyabamasat) di Chennai dan College of Engineering (Swayam) di Pune.

5. Secara total roket PSLV telah menjalani 14 peluncuran dengan konfigurasi berbentuk ‘XL’ dan 36 peluncuran sejak kehadiran roket tersebut.

Baca: Detik-detik Satelit Lapan A3 Meluncur ke Orbit

Lapan A3

Satelit Lapan A3 merupakan satelit yang dibuat oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Satelit ini diposisikan untuk kepentingan pemantauan kondisi alam di Indonesia.

Misi yang diemban Lapan A3 yaitu misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumber daya pangan. Soal kemampuan satelit ini, Lapan mengatakan, bisa mengidentifikasi tutupan dan penggunaan lahan serta pemantauan lingkungan.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP