TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Intip KiloCore, Prosesor dengan 1000 Core Buatan IBM

Mikrochip itu bisa proses 1,78 triliun instruksi dalam satu detik
Intip KiloCore, Prosesor dengan 1000 Core Buatan IBM
KiloCore, prosesor dengan 1000 core (www.bgr.com)

VIVA.co.id – Peneliti mengklaim telah berhasil membuat sebuah chip bernama KiloCore. Chip ini merupakan prosesor yang dibuat dengan menggunakan 1.000 core mandiri.

Dilaporkan situs BGR, Rabu 22 Juni 2016, KiloCore mampu membuat performa superkomputer menjadi lebih fantastis. Kemampuannya adalah bisa mengkomputasikan 1,78 triliun instruksi dalam waktu satu detik.

Chip KiloCore ini dibuat melalui fabrikasi IBM. Di dalamnya terdapat ribuan core berukuran 32 nanometer. Ukuran itu lebih besar ketimbang 7 nanometer yang saat ini digunakan pada prosesor yang sekarang beredar. Meski kecil, tapi dijamin IBM tidak akan membatasi efisiensi dari prosesor tersebut.

Arsitektur chip itu lebih mirip struktur Graphic Processing Unit (GPU). Program yang dijalankan akan dibagi menjadi beberapa bagian kecil, yang berjalan paralel pada core yang berbeda-beda. Ini lebih efisien ketimbang standar Central Processing Unit (CPU) yang menggunakan semua core yang ada hanya untuk mengerjakan satu tugas tertentu.

Yang menarik, menurut BGR, masing-masing core bisa dimatikan ketika ada yang tidak digunakan. Ini dikarenakan setiap prosesor bekerja mandiri dan tidak saling berkaitan. Inilah yang menyebabkan KiloCore sangat hemat energi.

Untuk mengkomputasikan 115 miliar instruksi per detik, KiloCore diklaim hanya butuh energi 0,7 watt. Rendahnya energi yang dibutuhkan memungkinkan KiloCore untuk ditenagai oleh sebuah baterai ukuran AA. Artinya, KiloCore lebih efisien 100 kali dibanding prosesor laptop yang beredar di pasaran saat ini.

Meski dipastikan belum akan bisa dikomersilkan dalam waktu dekat, IBM menganggap hal ini cukup menarik untuk masa depan komputasi. Di masa depan, perangkat komputer akan semakin kecil namun dengan performa yang luar biasa.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP