TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Bikin Video Live Facebook, Agnez Mo Dibayar Rp1,3 Miliar?

Facebook bayar media dan selebriti untuk populerkan layanan Live
Bikin Video Live Facebook, Agnez Mo Dibayar Rp1,3 Miliar?
Fitur Live Video Facebook (www.newsroomfb.com)

VIVA.co.id – Sejak diluncurkan tahun lalu, streaming video Live Facebook masih harus berupaya keras untuk menarik perhatian pengguna. Ternyata, untuk upaya itu, Facebook rela merogoh kocek sampai US$50 juta atau sekitar Rp650 miliar.

Alokasi biaya yang dihadirkan Facebook ini bukan rahasia lagi. Situs jejaring sosial terbesar itu memang membayar beberapa media dan selebriti untuk mengedukasi masyarakat akan adanya streaming di Facebook. Media yang diajak kerja sama antara lain Buzzfeed, Vox, Gakwer Media, dan banyak lainnya.

Dilansir melalui Digital Trends, Rabu, 22 Juni 2016, Facebook dikabarkan telah menghabiskan dana sampai US$50 juta untuk menjalin kontrak dengan 140 perusahaan media dan selebriti. Bahkan Wall Street Journal menulis, beberapa media digital ternama yang dibayar untuk ikut meramaikan Live antara lain New York Times dan CNN. Selebriti yang dilibatkan seperti Gordon Ramsey, Kevin Hart, Deepak Chopra, dan lainnya.

Nilai kontrak individu disinyalir senilai US$1 juta. Penawaran itu ditawarkan ke 17 perusahaan lain dengan target publikasi, video format dan juga rata-rata lainnya.

Digital Trends melaporkan, jika media partner Live yang mendapatkan bayaran paling banyak adalah BuzzFeed. Media itu dibayar US$3,05 juta untuk kontrak video streaming selama satu tahun. Bahkan mereka memiliki sekitar 7 juta like di halaman Facebook. Sedangkan New York Times mendapat US$3,03 juta, CNN sekitar US$2,5 juta.

Facebook Live juga mampu melahirkan selebriti dari platform tersebut. Selebriti viral di Live itu bernama Candace Payne atau Chewbacca Mom. Payne memang tidak dibayar oleh Facebook dan tidak memiliki kontrak khusus. Namun itu tidak menghentikannya dalam menciptakan video Live yang paling banyak ditonton. Video streaming-nya di Live Facebook ditonton 157 juta orang.

Di Indonesia, Live Facebook digunakan pertama kali oleh artis Agnez Mo. Dalam akun Facebook pribadinya, Agnez Mo kerap menyajikan streaming video berisikan kegiatannya sehari-hari. Mungkinkah Agnez mo juga mendapatkan bayaran yang sama, sekitar US$1 juta atau Rp1,3 miliar?

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP