TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

VIDEO: Detik-detik Satelit Lapan A3 Meluncur

Satelit Lapan A3 menumpang roket PSLV C-34 milik India
VIDEO: Detik-detik Satelit Lapan A3 Meluncur
Foto panorama roket PSLV C-34 (www.indianexpress.com/ISRO)

VIVA.co.id – Satelit buatan anak bangsa yaitu Lapan A3 akhirnya telah meluncur ke antariksa.
Satelit Lapan A3 diluncurkan dengan menumpang roket India, Polar Satellite Launch Vehicle PSLV C-34 dari fasilitas Satish Dhawan Space Centre, Andhra Pradesh, Sriharikota, India pada Rabu pagi waktu setempat atau pukul 10.55 WIB.

Dikutip dari India Times, Rabu 22 JUni 2016, peluncuran roket buatan Badan Riset Antariksa India (ISRO) itu tergolong istimewa. Sebab roket itu membawa 20 satelit dengan total bobot 1,28 ton sekaligus dalam satu peluncuran.

Tercatat, PSLV C-34 membawa satelit utama dari India, Cartosat-2 yang berbobot 725,5 Kg. Satelit ini diposisikan untuk pengamatan bumi. Sebanyak 19 satelit lainnya total dengan bobot 560 Kg dari Sathyabama University and College of Engineering, Pune, kemudian satelit milik Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan satelit Lapan A3 dari Indonesia.

Lapan A3

Satelit Lapan A3 merupakan satelit yang dibuat oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Satelit ini diposisikan untuk kepentingan pemantauan kondisi alam di Indonesia.

Misi yang diemban Lapan A3 yaitu misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumber daya pangan. Soal kemampuan satelit ini, Lapan mengatakan, bisa mengidentifikasi tutupan dan penggunaan lahan serta pemantauan lingkungan.



 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP