TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

VIDEO: Dengan Air Liur, Bunglon Mangsa Belalang hingga Tikus

Air liur bunglon punya daya rekat 1000 kali lipat dari manusia
VIDEO: Dengan Air Liur, Bunglon Mangsa Belalang hingga Tikus
Bunglon tengah menyergap mangsanya (Discovery)

VIVA.co.id –  Bunglon, reptil kecil yang mampu mengelabui mangsa dengan mengubah warna tubuhnya ini, ternyata punya ‘senjata’ pamungkas lainnya. Tapi, ‘senjata’ ini digunakan bunglon untuk mencari makan.
 
Dilansir Tech Times, Rabu, 22 Juni 2016, para peneliti ilmu fisika dari University of Mons di Belgia menyebutkan, air liut menjadi senjata bunglon untuk bisa memangsa hewan seperti tikus, belalang, lalat, burung dan bahkan bunglon lainnya. Air liut bunglon diketahui punya daya rekat yang kuat.

“Lidah bunglon ini menghasilkan air liur sekitar 400 sampai 1.000 kali lebih kental dan lengket daripada air liur manusia,” ujar Pascal Damman, salah seorang peneliti.
 
Damman menjelaskan, untuk menghitung sifat perekat dan kekentalan air liur bunglon tersebut, ia dan rekan-rekannya menggunakan matematika.

Mereka menunggu dengan sabar untuk bunglon mengoleskan air liur ke lempengan kaca. Nah, di balik kaca itu peneliti menempatkan beberapa jangkrik untuk memancing bunglon. Setelah air liur bunglon terkumpul, barulah sampel dianalisis di laboratorium.
 
“Sampel air liur tebal dan lengket seperti madu,” kata Damman.
 
Para peneliti pun menarik kesimpulan, ketika kecepatan ujung lidah menarik mangsa, lidah bunglon langsung mengunci mangsa dalam mulut dan di sanalah air liur sangat berperan. Saat itu, terjadi adhesi lebih tinggi, atau gaya tarik menarik antarmolekul yang tidak sejenis.
 
Peneliti mengatakan, kelebihan serupa juga dimiliki oleh kodok, katak dan salamander yang menggunakan lidah mereka untuk mengambil mangsanya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP