Intip Planet Termuda yang Pernah Ditemukan

Planet K2-33b (hitam)
Sumber :
  • www.space.com/NASA-JLP Caltech

VIVA.co.id – Sebuah planet yang berjarak 500 tahun cahaya dari Bumi berhasil diidentifikasi oleh peneliti. yang ukurannya serupa dengan Neptunus itu pun dinobatkan menjadi yang termuda yang pernah ditemukan.

Pakar Ungkap Alasan Alien Enggan Berkunjung ke Bumi

Peneliti yang berasal dari Institut Teknologi California, AS mengklaim planet tersebut usianya berkisar antara 5-10 juta tahun. Dengan demikian, planet yang dinamakan K2-33b ini berada di jajaran yang terlihat oleh peneliti pada skala kosmik.

"Bumi kita kira-kira berusia 4,5 miliar tahun. Sebagai perbandingan, Planet K2-33b ini sangat muda. Anda mungkin berpikir ia masih bayi (usianya 5-10 juta tahun)," ujar penulis utama studi, Trevor David dilansir Space, Selasa, 21 Juni 2016.

Aneh Tapi Nyata, di Planet Ini Hujannya Bukan Mengandung Air

Penemuan David ini kemudian ia terbitkan ke dalam jurnal Nature. David yang juga seorang mahasiswa pascasarjana Institut Teknologi California ini berhasil menemukan K2-33b dengan memanfaatkan teleskop luar angkasa milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), yakni Kepler.

Pejabat Jet Propulsion Lab NASA mengungkapkan, lebih dari 3.000 telah berhasil dikonfirmasi yang usia rata-ratanya mencapai satu miliar tahun. Dengan penemuan K2-33b yang meraih gelar planet termuda, menawarkan kesempatan langka untuk melihat lebih lanjut soal perkembangan planet.

Anak Magang Penggemar Star Wars Bikin Gempar NASA

Dalam misi K2 yang dijalankan Kepler, setidaknya teleskop yang menjelajah ruang hampa itu menangkap berbagai bintang dan planet. Namun, kala itu obyek-obyek antariksa itu rata-rata cahayanya redup dan ditutupi oleh obyek lainnya.

Mereka pun berasumsi, kalau obyek tersebut kemungkinan bahan baku dalam pembentukan sebuah planet.

"Awalnya, bahan ini dapat mengaburkan setiap planet yang terbentuk, tapi setelah beberapa juta tahun, debu mulai menghilang. Ini adalah waktu untuk melihat yang kita bisa mulai untuk mendeteksi tanda-tanda planet muda pada misi K2," ucap Ann Marie Cody, seorang peneliti pasca doktoral di Ames Research Center NASA di California.

Saat ini, planet K2-33b yang mengorbit bintang serupa dengan matahari. Dari informasi awal yang didapatkan oleh peneliti, K2-33b diperkirakan perlu menyelesaikan orbitnya selama lima hari ke bintang serupa matahari itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya