TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Ikan Lele Tanpa Mata Pertama Ditemukan

Ikan tersebut dilabeli terancam punah
Ikan Lele Tanpa Mata Pertama Ditemukan
Ikan lele tanpa maa di Texas (www.techtimes.com/Danté Fenolio-University of Texas at Austin)

VIVA.co.id – Spesies ikan lele tanpa mata atau dengan nama ilmiah Phreatophila prietella untuk pertama kalinya ditemukan. Ikan lele buta ini disebut-sebut sebagai spesies yang hanya ada di Meksiko itu, baru-baru ini ditemukan di Texas.
 
Diketahui, ikan aneh dengan warna putih ini muncul sejak 1954. Saat itu diperkirakan lele putih berputar-putar di mata air dan sumur di Coahuila, negara bagian Meksiko. Kemudian saat itu oleh pemerintah Meksiko, US Fish and Wildlife Service (FWS), ikan tersebut dianggap terancam punah dan lambat laun hilang.
 
Dilansir Tech Times, Selasa 21 Juni 2016, Dean Hendrickson, seorang kurator dari University of Texas di Austin, AS mengatakan, sepasang ikan lele buta itu ditemukan di area Amistad National Recreation dekat Del Rio dan telah dibawa ke kebun binatang San Antonio.
 
“Saya telah melihat (ikan lele buta) ini lebih dari yang lainnya. Spesies ini (diketahui) hanya ada di Meksiko,” kata Hendrickson.
 
Dia mengatakan, ikan lele buta dengan panjang 3 inchi ini hanya hidup di bawah gua berair. Diduga kuat, karena ditemukan di bawah gua berair antara lembah Rio Grande di Texas dan utara Coahuila, Meksiko, maka ikan lele buta hanya hidup di sekitar area tersebut.
 
Awalnya, ikan lele buta ditemukan pertama terlihat oleh Jack Johnson, manajer sumber daya Amistad National Park Service pada April 2015. Pencarian dikerahkan dan berbuah manis pada Mei lalu. “Semua ditemukan di Texas (sepasang ikan lele buta)” kata dia.
 
Menurut Johnson, ikan lele buta memiliki sistem akuifer, berfungsi untuk menghadapi ancaman dan tantangan dari kontaminasi lingkungan di bawah air.
 
Dia mengatakan, saat ini ikan lele buta yang disimpan di kebun bintang itu belum bisa dilihat oleh masyarakat luas.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP