TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Peluncuran Satelit BRI Ditunda Satu Hari

Faktor cuaca membuat Arianespace menunda peluncuran
Peluncuran Satelit BRI Ditunda Satu Hari
Peluncuran satelit BRI di Kourou, French Guiana, Amerika Selatan (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

VIVA.co.id – Peluncuran satelit PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), atau BRIsat di Kourou, French Guiana, Amerika Selatan, mengalami penundaan. Hal ini terjadi karena pertimbangan faktor cuaca.

Pihak Arianespace secara resmi menyatakan peluncuran akan ditunda hingga besok, Minggu, 19 Juni 2016. Ini menjadi penundaan ketiga yang dilakukan pihak Arianespace terhadap satelit BRIsat. Rencana awal peluncuran pada 8 Juni 2016 ditunda menjadi 16 Juni 2016 karena ada masalah teknis. Kemudian ditunda lagi ke 18 Juni 2016.

Awalnya, Ariane 5 mestinya diluncurkan pukul 17.30 waktu setempat, tapi Arianespace menyatakan untuk menunda peluncuran selama satu jam. Namun, akibat perkembangan cuaca tak kunjung membaik, diputuskan peluncuran ditunda selama satu hari.

Menurut pakar satelit Widodo Mardijono, peluncuran satelit memang sangat sensitif karena memerlukan banyak pertimbangan. Hal ini menyangkut teknis satelit, proses peluncuran dan kondisi lingkungan.

"Ada tiga faktor, satelit, launcher dan environment, kebetulan informasinya lingkungan. Kelihatannya tidak ada apa-apa, cuaca cerah, panas, tapi anginnya kuat. Kelihatannya arena faktor angin, itu ada parameter tertentu yang tidak boleh melewati batas," jelasnya dalam perbincangan dengan tvOne, Sabtu, 18 Juni 2016.

Baca: Satu-satunya di Dunia, BRI Siap Luncurkan Satelit Perbankan

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP