TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Ada Asteroid 'Berdansa' dengan Bumi Selama 100 Tahun

Asteroid itu dinamakan 2016 HO3.
Ada Asteroid 'Berdansa' dengan Bumi Selama 100 Tahun
Asteroid yang rajin mengitari Bumi selama satu abad terakhir (Mashable)

VIVA.co.id – Ditemukan sebuah asteroid yang rajin mengitari Bumi selama satu abad terakhir. Objek luar angkasa itu berhasil diidentifikasi oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melalui teleskop 'pemburu' asteroid yang terletak di Hawaii, Amerika Serikat.

NASA menyebutkan, asteroid yang dinamakan 2016 HO3 tersebut mirip seperti 'lompatan katak', di mana kadang-kadang mengorbit dengan jarak yang cukup dekat dengan Bumi, namun juga bisa menjauh dari planet.

"Asteroid ini 'melompat' di sekitar Bumi sedikit di depan atau ke belakang dari tahun ke tahun. Tetapi ketika asteroid itu terlalu jauh atau dekat jaraknya, gravitasi Bumi yang cukup kuat mampu menarik asteroid tersebut tidak jauh-jauh dari sekitar 100 kali jarak (Bumi) dengan Bulan," ujar Manager Pusat NASA untuk studi Near-Earth Object (NEO) Paul Chodas dikutip dari Mashable, Jumat, 17 Juni 2016.

Chodas melanjutkan, asteroid itu bila mendekati Bumi, maka jaraknya sekitar 38 kali jarak Bulan dengan Bumi. Diinformasikan, 2016 HO3 berhasil diidentifikasi NASA sejak bulan April kemarin yang kemudian dipetakan oleh meraka. Hasilnya, batu antariksa yang diperkirakan ukurannya lebih kecil dari Patung Liberty ini tidak akan menjadi ancaman bagi Bumi.

Kebiasaan 2016 HO3 yang rajin mengitari atau mengorbit Bumi selama 100 tahun terakhir ini, seakan-akan sifatnya mirip dengan satelit alami Bumi, yaitu Bulan.

Sebab, disebutkan NASA, benda luar angkasa yang mengitari planet Bumi biasanya tidak dalam waktu lama, seperti yang dilakukan 2016 HO3. Dikatakan mereka, setidaknya asteroid rata-rata mengorbit Bumi selama satu tahun atau bahkan kurang.

"Salah satu asteroid lainnya, 2003 YN107 juga mengikuti pola orbital yang sama sekitar 10 tahun terakhir," ungkap Chodas. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP