TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Neuron Otak Burung Lebih Banyak Dibanding Tikus

Jumlahnya empat kali lebih padat.
Neuron Otak Burung Lebih Banyak Dibanding Tikus
Burung pipit memakan bulir padi (Antara/ Siswowidodo)

VIVA.co.id – Ukuran tubuh burung memang kecil, apalagi ukuran otak yang ‘tersemat’ di kepala. Namun jangan salah, ternyata jumlah neuron pada otak burung mengalahkan jumlah neuron pada otak primata dan tikus.
 
Dilansir Tech Times, Kamis, 16 Juni 2016, jumlah neuron pada otak burung ini diteliti oleh tim dari Vanderbilt University, Amerika Serikat. Sayangnya, peneliti tidak menyebutkan perbandingan jumlah neuronnya. Namun yang jelas, salah satu peneliti yang bernama Suzana Herculano mengatakan, pada ukuran yang sama, jumlah neuron burung berjumlah dua kali lipat dari otak primata.
 
Sementara dengan tikus, jumlah neuron otak burung empat kali lebih banyak.
 
“Kami meneliti 28 jenis burung, mulai dari ukuran kecil, pipit zebra, burung penyanyi, hingga burung emu dan beo. Mereka punya kepadatan neuron, terutama di otak depan,” kata Herculano.
 
Lebih lanjut, Herculano mangatakan, kepadatan neuron ini spesifik ada di pallium otak, merupakan bagian yang berhubungan dengan korteks serebral. Neuron di sini berguna untuk mendukung kekuatan kognitif yang lebih tinggi, seperti pola temuan dan perencanaan untuk besok.
 
Namun, ia menambahkan, penelitian tersebut belum bisa mengaitkan jumlah neuron padat ini dengan kecerdasan yang dimiliki burung. Yang sudah jelas adalah otak burung unggul dalam kecakapan kognitif.
 
Untuk selanjutnya, kata dia, peneliti akan meneruskan temuan dengan mengaitkan lagi kepadatan neuron dan kemampuan otak burung.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP