TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Alien Akan Kontak dengan Manusia 1.500 Tahun Lagi

Banyak planet mirip bumi namun belum ada bukti satu pun soal alien.
Alien Akan Kontak dengan Manusia 1.500 Tahun Lagi
Salah satu foto alien yang diautopsi (www.mirror.co.uk/YouTube)

VIVA.co.id – Ilmuwan tidak salah jika menyebut kehidupan alien ada di alam semesta. Namun untuk mendapatkan kontak dari mereka, sepertinya ilmuwan harus menunggu sekitar 1.500 tahun lagi.

Dengan menggabungkan Fermi Paradox dengan Mediocrity Principle, ilmuwan yang bernama Evan Solomonides lah yang membuat kesimpulan tersebut. Dia mengatakan sinyal kontak dari alien baru akan bisa ditangkap bumi pada tahun 3516.

"Selama bertahun-tahun pencarian, kita belum pernah mendengar apapun dari Alien. Padahal alam semesta adalah tempat yang sangat luas. Namun bukan berarti tidak ada siapa pun di luar sana," ujar Solomonides, seperti dikutip dari IB Times UK, Kamis, 16 Juni 2016.

Dijelaskannya, teori itu disimpulkan dari gabungan paradoks Fermi dan prinsip Mediocrity.

Paradoks Fermi berhubungan dengan kurangnya bukti adanya kehidupan asing di alam semesta meskipun diperkirakan ada miliaran planet yang dianggap berpotensi mirip dengan bumi.
 
Lalu jika banyak kehidupan di alam semesta, mengapa kita belum menemukan bukti satu pun? Jawaban dari pertanyaan inilah yang kemudian menjadi Fermi Paradox. Menurut Enrico Fermi, penemu paradoks tersebut, kurangnya kontak dari alien mengindikasikan tidak adanya kehidupan alien di galaksi mana pun.

Namun jika merujuk para prinsip Mediocrity dikatakan bahwa kehidupan di bumi bukanlah satu-satunya. Tidak ada yang luar biasa dengan evolusi di sistem tata surya, bumi dan kehidupan manusia. Dengan kata lain disimpulkan bahwa ada peradaban yang sama, bahkan lebih cerdas di banding bumi, di alam semesta sama. Namun begitu, dipercaya, alien belum akan menemukan kita dalam waktu dekat.

Dijelaskan Solominides, pencarian mahluk asing melibatkan pengiriman sinyal. Saat manusia ke luar angkasa dengan kecepatan cahaya, sinyal tersebut bisa jadi ditemukan oleh alien yang ada di salah satu planet yang dilewati. Namun begitu, butuh waktu bagi alien untuk bisa menerjemahkan sinyal itu, mengubah gelombang cahaya menjadi suara yang bisa diterjemahkan ke dalam bahasa yang mereka mengerti.

Sejauh ini, menurut Solomonides, sinyal bumi telah melintas sekitar 80 tahun cahaya dan melewati 3.555 planet mirip bumi. Dengan memadukan dua hal itu, Solomonides dan koleganya, Yervant Terzian, menyimpulkan dibutuhkan waktu setengah dari total planet yang dilewati itu, untuk alien menerjemahkan sinyal dari bumi, atau sekitar 1.500 tahun.

"Meski prediksi ini cukup lama, bukan berarti kita harus berhenti mencari dan mendengar. Jika kita berhenti, ada kemungkinan kita akan kehilangan sinyal itu. Jadi kita harus terus bekerja," kata Solomonides.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP