TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Situs Penerimaan Siswa Error, Diknas Panggil Penyedia Jasa

Hari ini Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berlangsung online.
Situs Penerimaan Siswa Error, Diknas Panggil Penyedia Jasa
Salah Satu kegiatan siswa/siswi SMAN 1 Karangmojo Binaan BCA

VIVA.co.id – Di hari Pertama pendaftaran siswa baru Sekolah Menengah Atas (SMA), situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan Provinsi DKI mengalami gangguan. Sejak di buka hari ini, baru tiga siswa yang berhasil diverifikasi.
 
Hal itu pun dibenarkan Kepala Diknas DKI, Sopan Adrianto. Kata dia, server kini tengah diperbaiki oleh penyedia jasa yang bekerja sama dengan Diknas mengelola situs tersebut.
 
“Sedang kita diskusikan. Saya sebentar lagi akan panggil penyedia jasanya. Sampai pukul 12.00 WIB saya tunggu, saya panggil. Diskusikan problemnya apa. Kalau tidak ada solusi ya, ganti penyedia jasa,” ujar Sopan kepada VIVAco.id melalui sambungan telepon, Rabu, 15 Juni 2016.
 
Menurut Sopan, server error ini disebabkan banyaknya para calon siswa dan orang tua yang mendaftar secara bersamaan. Tapi, berhubung Diknas masih dalam proses perbaikan dari masa ke masa, masalah yang sama ini menjadi target perbaikan Diknas.
 
“Kalau kita tidak kuat, baik kapasitas dan segala macam, otomatis kan down. Ini perlu diantisipasi,” kata Sopan.
 
Ke depannya, Sopan mengatakan, ketergantungan terhadap pihak ketiga dalam hal ini penyedia jasa bakal dikurangi. Pemerintah mengupayakan untuk membuat tonggak IT sendiri untuk mengelola server PPBD. “Sabar deh ya, semua akan ada solusinya. Yang namanya IT tidak bisa diduga,” ujar dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP