TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Kini Bisa SMS Langsung dari Facebook Messenger

Fitur ini memiliki tarif sama dengan SMS biasa
Kini Bisa SMS Langsung dari Facebook Messenger
Facebook Messenger di Apple Watch (IB Times UK)

VIVA.co.id – Facebook rupanya benar-benar ingin mengambil alih teknologi SMS. Setelah meluncurkan aplikasi pesan instan, Messenger, mereka kini memiliki fitur SMS.

"Banyak SMS client di luar sana. Beberapa cukup populer, terfokus pada kostumisasi. Namun yang kami sediakan sekarang ini adalah SMS untuk kenyamanan pengguna," ujar Facebook Product Manager, Andrea Vaccari, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu, 15 Juni 2016.

Beberapa SMS client yang dimaksud Vaccari seperti Go SMS Pro dan QKSMS. Dua aplikasi itu merupakan layanan SMS yang memiliki fitur menarik, salah satunya adalah theme berwarna.

Dengan menyematkan fitur SMS dalam Messenger buatannya, Facebook secara tidak langsung ingin memanjakan pengguna agar tidak perlu berpindah aplikasi hanya untuk mengirimkan pesan ke pengguna lain melalui cara tradisional, SMS. Ini artinya, selain berkirim pesan instan melalui jaringan internet, pengguna Messenger juga bisa mengirimkan pesan SMS langsung ke nomor ponsel.

Messenger Facebook pertama kali diperkenalkan pada 2012. Jejaring sosial itu ingin ikut mengambil pangsa pasar di ranah pesan instan. Meski awalnya menyatu dengan Facebook, namun belakangan Facebook melepasnya.

Messenger mulai dijajakan berupa aplikasi, terpisah dari Facebook, pada 2013. Ini dilakukan dengan harapan akan semakin banyak orang yang mau menggunakan Messenger, sekaligus mengalahkan dominasi pesan instan lain.

Untuk menggunakan SMS di Messenger, pengguna bisa mengunduh Messenger untuk Android terlebih dahulu. Kemudian masuk ke menu Setting/Pengaturan, pilih SMS, lalu aktifkan Default SMS App.

Jika sudah aktif, semua percakapan di SMS akan muncul di Messenger App dengan tampilan berwarna ungu. Sedangkan percakapan Messenger Facebook akan ditampilkan dalam warna biru.

SMS di Facebook Messenger akan melibatkan nomor telepon, baik pengirim maupun penerima. Oleh karena itu setiap pengiriman SMS akan berlaku tarif operator seperti biasa.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP