TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Mamalia Ini Punah Akibat Perubahan Iklim

Bramble Cay melomys tidak lagi bisa ditemukan di Australia.
Mamalia Ini Punah Akibat Perubahan Iklim
Bramble Cay melomys (BI)

VIVA.co.id – Naiknya tingkat air laut, dipercaya telah menghapus habitat mamalia pengerat yang hidup di pulau Great Barrier Reef. Mamalia itu diklaim sebagai hewan pertama yang akan punah akibat perubahan iklim yang dibuat manusia.

Mamalia itu bernama Bramble Cay melomys. Hewan mirip tikus itu memiliki ekor panjang, mencicit, dengan warna bulu cokelat kemerahan. Ukurannya hampir sama dengan tikus biasa.

Bramble Cay dianggap sebagai satu-satunya mamalia endemik yang asli hidup di Great Barrier Reef, tepatnya di sebuah pulau kecil di sebelah timur laut selat Torres. Selat itu terbentang antara Queensland, Australia dan pantai selatan Papua Nugini.

Sejatinya jumlah spesies melomys ini berjumlah banyak dan terus berkembang sejak 1970. Namun, dalam beberapa tahun belakangan, populasi mereka mulai menurun. Melomys pun masuk dalam daftar hewan yang terancam punah. Spesies ini terakhir kali terlihat pada 2009.

Sejak Agustus sampai September 2014, ilmuwan melakukan penelitian untuk mencari tahu jumlah sebenarnya dari mamalia pengerat ini. Dengan menggunakan jebakan, kamera dan pencarian seharian penuh, hasilnya nihil. Mereka pun berkesimpulan, jika melomys akan punah tak lama lagi.

"Kesimpulan bahwa Australia telah kehilangan spesies mamalia lainnya, kami nyatakan dengan penuh keyakinan. Faktor utama dari kematian Bramble Cay melomys ini adalah karena laut pasang dan meningkatnya air laut. Memaksa mereka untuk berpindah dan kemudian tak mampu bertahan," ujar ilmuwan dari University of Queensland, Luke Leung, dikutip dari Business Insider.

Air laut diyakini telah menghancurkan habitat kecil itu. Pada Maret 2014, permukaan layak huni di pulau itu semaking berkurang. Melomys pun sulit mencari tempat berlindung, seiring dengan gua batu dan celah yang semakin menghilang.

Makanan bagi melomys juga tidak bisa ditemukan lagi, karena spesies itu memakan tumbuh-tumbuhan. Mereka harus bersaing dengan burung laut dan kura-kura untuk bisa makan. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP