Bayi Ini Menderita Penyakit ‘Kulit Besi’

Ilustrasi boneka menyeramkan.
Sumber :

VIVA.co.id – Kasus penyakit aneh pertama menimpa seorang bayi perempuan di India. Bayi malang itu menderita harlequin ichthyosis atau kelainan pada kulit yang mengeras sehingga organ internalnya telihat.

Pertolongan Pertama saat Bayi Terjatuh dari Tempat Tidur

Kalangan kedokteran menyebutnya sebagai "kulit besi" lantaran kulit bayi terjadi penebalan stratum korneum dari epidermis.

Penebalan ini bewarna putih dan membalut tubuh bayi seperti layaknya kulit besi. Tak pelak, nyawa bayi mungil tersebut tidak bisa diselamatkan.

Kondisi Langka Tulang Rapuh, Baru Lahir Bayi Ini Pakai Gips

Menurut Kajal Mitra, dokter yang menangani bayi berbobot 1,8 kilogram itu, penyebab kematiannya adalah karena sepsis, di mana sejak kelahirannya sang bayi sudah prematur serta dalam kondisi kritis dengan mata yang buta dan tidak memiliki telinga.

"Penyebab utama kematiannya adalah sepsis dalam tubuh yang menyebabkan serangan jantung dan paru-paru. Bayi itu dalam kondisi kritis sejak lahir dan meninggal pukul 04:30 pagi waktu setempat pada hari Senin," ujar Kajal, seperti dilansir situs International Business Times, Selasa 14 Juni 2016.

Kenali Tanda dan Ciri Kulit Sensitif pada Bayi

Sekadar informasi, sepsis adalah kondisi ketika tubuh melepaskan zat kimia ke dalam aliran darah. Kondisi sangat rawan terjadi pada penderita harlequin.

Penyakit langka harlequin ichthyosis sendiri merupakan kasus langka yang terjadi pada kelahiran bayi, yaitu satu berbanding 300 ribu kelahiran. Dari kasus yang terjadi, tercatat sekitar 12 kelahiran menderita harlequin ichthyosis di seluruh dunia sejak 1775.

Sebelumnya, pada 1984, bayi dengan harlequin bernama Nusrit Shaheen lahir di Pakistan. Saudara Shaheen juga dilaporkan menderita kondisi yang sama, tapi semuanya meninggal dunia dalam usia dini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya