TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Ini Rute Koloni Manusia ke Mars Versi Elon Musk

Perlu disiapkan rantai pasokan, agar kebutuhan manusia tercukupi.
Ini Rute Koloni Manusia ke Mars Versi Elon Musk
CEO SpaceX, Elon Musk (SpaceX)

VIVA.co.id – Pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) SpaceX, Elon Musk menjelaskan ,mengenai rute perjalanan koloni manusia ke Mars. Menurutnya, membawa umat manusia ke Planet Merah itu seperti penjelajah dunia pada zaman dahulu.

Seperti yang dilansir dari Redorbit, Selasa 14 Juni 2016, Musk mengatakan bahwa perjalanan ke Mars seperti perjalanan sulit yang dilalui penjelajah zaman dahulu, yakni Vasco da Gama dan Ferdinand Magellan. Maka, kata Musk, perjalanan ke Mars juga akan sulit, berisiko, dan berbahaya.

"Langkah pertama ialah menyiapkan rantai pasokan untuk manusia, agar tercukupi dan didukung alat-alatnya juga. Pada dasarnya, apa yang kita lakukan membangun rute kargo ke Mars. Ini adalah rute kargo biasa. Anda dapat mengandalkan itu setiap 26 bulan," ucap bos SpaceX itu.

Musk kembali menjelaskan, kalau kargo tersebut seperti halnya sebuah stasiun, di mana kereta akan menyambanginnya sebelum mencapai tujuan akhir, yakni Mars. Dan, kargo tersebut, dikatan dia, semua ilmuwan dapat memanfaatkanya, sehingga biaya yang dikeluarkan jadi murah.

"Dibandingkan (penjelajah masa lalu), mereka pun merencanakan sesuai dan datang dengan banyak eksperimen besar," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Musk berhasrat untuk mengirim misi berawak ke Mars mulai tahun 2018 dan diharapkan mencapai planet tetangga Bumi pada tahun 2020. Sementara itu, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pun coba memberikan dukungan teknis upaya misi SpaceX dua tahun lagi tersebut bisa terwujud..

Dikutip Quartz, misi berawak yang menggunakan pesawat antariksa bernama kapsul Dragon ini dapat membawa manusia ke Mars. Dan, memberikan informasi mengenai kebutuhan apa saja yang diperlukan manusia dalam membangun koloni di Mars. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP