TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Qualcomm Punya Teknologi untuk Mobil Terkoneksi

Teknologi itu bakal percepat adopsi teknologi dalam industri otomotif.
Qualcomm Punya Teknologi untuk Mobil Terkoneksi
Platform Qualcomm untuk mobil terkoneksi (Qualcomm)

VIVA.co.id – Qualcomm Inc melalui anak perusahaannya, Qualcomm Technologies, mengumumkan platform referensi untuk mobil terkoneksi atau Qualcomm Connected Car Reference Platform. Inovasi tersebut guna mempercepat adopsi teknologi untuk generasi mobile terkoneksi selanjutnya yang lebih kompleks dan mutakhir.

Vice President Product Management, Qualcomm Technologies, Nakul Duggal, mengatakan dengan kehadiran platform itu mendukung produsen otomotif, modul untuk produsen peralatan (OEM). Platform tersebut juga mendukung para pengembang yang menitikberatkan pada skabilitas, modularitas, dan keamanan untuk mengintegrasikan dan mengelola beragam teknologi nirkabel terkini dalam kendaraan.

"Kami sangat senang dapat memperkenalkan platform ini, yang dapat membantu menghadirkan solusi dan layanan konektivitas terbaik di kelasnya bagi desain-desain kendaraan di masa depan," ucap Duggal melalui siaran persnya, Senin, 13 Juni 2016.

Sebagai pemimpin konektivitas di bidang otomotif yang telah berhasil mengapalkan lebih dari 340 juta chip ke lebih dari 20 produsen otomotif, Qualcomm Technologies tengah mengembangkan produk yang dirancang untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi otomotif.

Inovasi perusahaan asal negeri Paman Sam tersebut akan difasilitasi dengan teknologi terbaru? seperti, 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth, dan komunikasi melalui vehicle-to-everything (V2X). Platform tersebut juga didesain untuk menyelesaikan berbagai tantangan, misalnya keselerasan kerja jaringan nirkabel, layanan future-proofing, dan arsitektur in-car hardware dalam skala besar.

Platform referensi untuk mobil terkoneksi ini diciptakan berdasarkan beberapa teknologi yang diprakarsai oleh Qualcomm dalam bidang otomotif, di antaranya modem LTE Qualcomm X12 dan X5, quad-constellation Global Navigation Satellite System (GNSS), dan solusi pencari lokasi 2D/3D Dead Reckoning (DR).

Teknologi Qualcomm VIVE Wi-Fi, Dedicated Short Range Communication (DSRC) untuk V2X, Bluetooth, Bluetooth berdaya rendah dan kemampuan penyiaran, seperti penyetem analog dan digital yang menggunakan perangkat lunak khusus radio melalui chip Qualcomm tuneX.

Selain itu, platform ini juga menghadirkan teknologi jaringan dalam kendaraan seperti Gigabit (OABR) Ethernet dengan Automotive Radio Bus (A2B), dan antarmuka Controller Area Network (CAN).

Platform referensi untuk mobil terkoneksi milik Qualcomm ini diperkirakan akan tersedia di pasaran pada akhir 2016. Produk ini akan hadir bersamaan dengan uji coba aplikasi dari beberapa perusahaan, yakni OTA updates oleh Movimento, komunikasi V2X oleh Savari Inc, dan pengelolaan dan analisa data kendaraan oleh Hortonworks.

(ren)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP