Qualcomm Punya Teknologi untuk Mobil Terkoneksi

Platform Qualcomm untuk mobil terkoneksi
Sumber :
  • Qualcomm

VIVA.co.id – Qualcomm Inc melalui anak perusahaannya, Qualcomm Technologies, mengumumkan platform referensi untuk atau Qualcomm Connected Car Reference Platform. Inovasi tersebut guna mempercepat adopsi teknologi untuk generasi mobile terkoneksi selanjutnya yang lebih kompleks dan mutakhir.

Ini Mata Kuliah yang Sesuai Perkembangan Tren Teknologi

Vice President Product Management, Technologies, Nakul Duggal, mengatakan dengan kehadiran platform itu mendukung produsen otomotif, modul untuk produsen peralatan (OEM). Platform tersebut juga mendukung para pengembang yang menitikberatkan pada skabilitas, modularitas, dan keamanan untuk mengintegrasikan dan mengelola beragam teknologi nirkabel terkini dalam kendaraan.

"Kami sangat senang dapat memperkenalkan platform ini, yang dapat membantu menghadirkan solusi dan layanan konektivitas terbaik di kelasnya bagi desain-desain kendaraan di masa depan," ucap Duggal melalui siaran persnya, Senin, 13 Juni 2016.

ICAMT-ICMR 2019: Saatnya Tahu Tren Ristek Dunia

Sebagai pemimpin konektivitas di bidang otomotif yang telah berhasil mengapalkan lebih dari 340 juta chip ke lebih dari 20 produsen otomotif, Qualcomm Technologies tengah mengembangkan produk yang dirancang untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi otomotif.

Inovasi perusahaan asal negeri Paman Sam tersebut akan difasilitasi dengan teknologi terbaru? seperti, 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth, dan komunikasi melalui vehicle-to-everything (V2X). Platform tersebut juga didesain untuk menyelesaikan berbagai tantangan, misalnya keselerasan kerja jaringan nirkabel, layanan future-proofing, dan arsitektur in-car hardware dalam skala besar.

Tren Teknologi 2019, Masa Depan AI Hingga Mobil Otonom

Platform referensi untuk mobil terkoneksi ini diciptakan berdasarkan beberapa teknologi yang diprakarsai oleh Qualcomm dalam bidang otomotif, di antaranya modem LTE Qualcomm X12 dan X5, quad-constellation Global Navigation Satellite System (GNSS), dan solusi pencari lokasi 2D/3D Dead Reckoning (DR).

Teknologi Qualcomm VIVE Wi-Fi, Dedicated Short Range Communication (DSRC) untuk V2X, Bluetooth, Bluetooth berdaya rendah dan kemampuan penyiaran, seperti penyetem analog dan digital yang menggunakan perangkat lunak khusus radio melalui chip Qualcomm tuneX.

Selain itu, platform ini juga menghadirkan teknologi jaringan dalam kendaraan seperti Gigabit (OABR) Ethernet dengan Automotive Radio Bus (A2B), dan antarmuka Controller Area Network (CAN).

Platform referensi untuk mobil terkoneksi milik Qualcomm ini diperkirakan akan tersedia di pasaran pada akhir 2016. Produk ini akan hadir bersamaan dengan uji coba aplikasi dari beberapa perusahaan, yakni OTA updates oleh Movimento, komunikasi V2X oleh Savari Inc, dan pengelolaan dan analisa data kendaraan oleh Hortonworks.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya