Butuh Berapa GB Data untuk Tonton Piala Eropa Lewat Ponsel?

Sevilla Juarai Liga Eropa
Sumber :
  • REUTERS/Carl Recine

VIVA.co.id – Menonton pertandingan Piala Eropa tidak hanya bisa dilakukan di televisi. Penggemar sepakbola bisa menonton 51 pertandingan Piala Eropa di smartphone. Tentunya dengan membayar biaya data operator yang digunakan.

Riset: Kontribusi Mobile Internet RI Kalah dari Malaysia

Sebuah komunitas bernama Carphone Warehouse Geek Squad telah melakukan perhitungan matematika mengenai kebutuhan data dalam pertandingan Euro League. Untuk satu pertandingan, kemungkinan besar data yang dibutuhkan mencapai 5 GB.

"Itu adalah kebutuhan data saat final berlangsung. Tapi jika Inggris hanya bisa masuk babak seperempat final, kebutuhan data saat pertandingan final kemungkinan hanya 3,2 GB," ujar Mark Lee, seperti dikutip dari Broadband Choices, Sabtu, 11 Juni 2016.

2025, Konsumsi Data Dunia Capai 163 Zettabyte

Angka 5GB ini diperkirakan oleh Lee, berdasarkan asumsi waktu pertandingan selama 125 menit. Durasi tersebut termasuk total waktu pertandingan, ditambah half time, injury time, perbincangan komentator dan analisa, dan lainnya.

"Jika menonton dari layanan streaming iPlayer atau ITV Player, kebutuhan datanya bisa sampai 5,83 MB per menit," ujar Lee.

Riset: 76 Persen Perangkat Rentan Keamanan

Itu artinya, kata dia, dibutuhkan 728,75 MB data untuk menonton satu pertandingan. Atau sekitar 5,101 GB data untuk menonton tujuh pertandingan.

"Untuk menonton seluruh pertandingan, yang berjumlah 51 pertandingan, dibutuhkan total 37 GB data," kata Lee.

Oleh karena itu, kata Lee, untuk bisa menonton satu pertandingan, pengguna smartphone disarankan untuk membeli data lebih dari 5GB.

"6 GB data cukup untuk mempersiapkan diri menonton pertandingan klub kesayangan Anda," saran Lee.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya