Deretan Aplikasi untuk Mendalami Kandungan Alquran

Membaca Alquran.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Sudah menjadi keharusan bagi kaum muslim untuk mendalami kandungan kitab suci Alquran. Menyambut datangnya bulan puasa, selain bertadarus (membaca dan menyimak Alquran), kaum muslim bisa juga bisa mengkaji kandungan isi Alquran.

Tips Simpan Bahan Makanan di Kulkas dan Cara Menghangatkannya

Kini, untuk mendalami kandungan Aquran bisa dengan mudah melalui aplikasi mobile. Berikut beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk mendalami makna ayat suci Alquran.

1. Tafsir Alquran

Tips Bijak Hadapi Promo Saat Ramadan Supaya Tak Boros

Aplikasi ini berisi tafsir Alquran yang disusun Jalaluddin Al Mahalli pada 1459 dan muridnya, Jalaluddin As Stuyuthi pada 1505.

Kitab tafsir ini umumnya dianggap sebagai kitab tafsir klasik Sunni yang banyak dijadikan rujukan, sebab dianggap mudah dipahami dan terdiri dari hanya satu jilid saja.

Berkumur dan Sikat Gigi Bikin Puasa Batal?

Tafsir menurut bahasa adalah penjelasan atau keterangan, seperti yang bisa dipahami dari Alquran Surat Al-Furqan ayat 33. Ucapan yang telah ditafsirkan berarti ucapan yang tegas dan jelas.

Menurut istilah, pengertian tafsir adalah ilmu yang mempelajari kandungan kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW berikut penjelasan maknanya serta hikmah-hikmahnya.

Sebagian ahli tafsir mengemukakan, tafsir adalah ilmu yang membahas tentang Alquran dari segi pengertiannya terhadap maksud Allah sesuai dengan kemampuan manusia.

Di pusat aplikasi Google Play, aplikasi ini telah diunduh 100 ribu kali dan merupakan salah satu aplikasi tafsir Alquran yang populer.

2. Ceramah Islam M Quraish Shihab

Aplikasi ini berisi kumpulan Ceramah Islam (tausyiah) Tafsir Al-Misbah dari karya M Quraish Shihab.

Figur Quraish Shihab memang dikenal sangat lekat dengan Tafsir Al-Misbah. Quraish Shihab menafsirkan surat-surat dalam Alquran dengan warna ke-Indonesiaan. Ini membuat nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran semakin mudah dimengerti oleh kaum muslim Indonesia.

Pada aplikasi ini tersedia ceramah dalam bentuk audio tentang tafsir Surat Abasa, Surat Al-Fajr, Surat Ath-Thariq, Surat Al-Ala, Surat Al-Alaq, Surat Al-Annas, Surat Al-Ashr, Surat Al-Balad, Surat Al-Bayyinah, Surat Al-Buruj

Kemudian Surat Al-Fil, Surat Al-Humazah, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Insyiqaq, Surat Al-Kautsar, Surat Al-Maun, Surat Al-Qadr, Surat Al-Qariah, Surat An-Nashr, Surat An-Naziat, Surat Asy-Syarh, Surat At-Takwir, Surat Az-Zalzalah dan Surat Tabbat

Aplikasi ini membutuhkan koneksi data yang minimum sehingga akan sangat menghemat kuota data penggunanya. Aplikasi ini merupakan karya pengembang AnDev Studio.

3. Alquran Tafsir

Aplikasi besutan Labkomif UIN Bandung ini dihadirkan untuk memudahkan pengguna dalam memahami kandungan Alquran.

Fitur dalam aplikasi di antaranya, Alquran 30 juz beserta tafsirnya. Tafsir dalam aplikasi ini diambil dari kitab tafsir Ibnu Katsir dan Al Jalalain.

Fitur lainnya yaitu pencarian kata kunci dan beberapa kata kunci, kemudian indeks dan pengelompokan ayat berdasarkan tema tertentu. Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 10 ribu kali di pusat aplikasi Google Play.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya