Fosil Manusia Berusia 700 Ribu Tahun Ditemukan di Flores

Tim peneliti gabungan dari Indonesia dan sejumlah negara menyampaikan kepada pers tentang penemuan fosil manusia purba Nusa Tenggara Timur di Bandung pada Kamis, 9 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id - Fosil manusia purba yang diperkirakan berusia 700 ribu tahun ditemukan tim peneliti gabungan di Cekungan Soa, Mata Menge, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Fosil yang ditemukan berupa enam keping gigi geraham bawah, gigi taring, tulang rahang, dan serpihan kecil batok kepala. 

PO Primajasa Bandung Dilarang Beroperasi Selama Lebaran

Tim peneliti yang menemukan fosil-fosil itu adalah gabungan dari Badan Geologi, University of Wollongong, New South Wales, Australia, dan beberapa periset dari Jepang, Selandia Baru, dan Denmark.

Mereka memaparkan hasil temuannya dalam seminar International The International Media Release of New Human Fossil Excavated from Flores di Museum Geologi Bandung, Jawa Barat, pada Rabu, 8 Juni 2016.

Sepuluh Monumen dan Situs Arkeologi Paling Misterius

"Dari penelitian itu, telah berhasil mengumpulkan data baru dan fosil purba manusia Mata Menge," kata Yunus Kusumahbrata, perwakilan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), di sela konferensi pers di gedung Kementerian ESDM, Kota Bandung, pada Kamis, 9 Juni 2016.

Dia menjelaskan, temuan fosil manusia purba itu dikategorikan sebagai artefak tertua dari yang sebelumnya ditemukan. Ditemukan juga artefak alat serba guna dan fosil hewan. "Fosil manusia itu berumur tujuh ratus ribu tahun dan dikategorikan purba tertua di Cekungan Soa Flores," katanya.

Proyek Flyover Antapani Bikin Macet, Emil Minta Warga Maklum
Kepala PO Primajasa Cabang Bandung, Rahmat Sutarman, di Bandung pada Sabtu, 11 Juni 2016.

Dilarang Operasi Selama Mudik Lebaran, Ini Dalih Primajasa

Perusahaan beralasan itu kesalahan administrasi semata.

img_title
VIVA.co.id
11 Juni 2016