Tips Belanja Online Hemat Selama Ramadan

Belanja online.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Bulan puasa datang, promosi berbagai perusahaan e-commerce lokal maupun asing hadir ke pelanggan.

Biar Gak Lemas Puasa, Ini Ide Seru Aktivitas Ramadan Buat Si Kecil

Dihadapkan dengan ratusan pilihan, pelanggan haruslah memilih tempat berbelanja yang tepat agar tidak hanya mendapatkan harga terbaik, tapi juga memperoleh manfaat terbanyak.

Berikut beberapa tips agar pelanggan belanja online dapat secara aman dan nyaman:

Puasa Bukan Alasan Untuk Tak Berolahraga

1. Selidiki situs belanja online

Luangkan sedikit waktu untuk mencari tahu lebih banyak mengenai kredibilitas situs pilihan. Riset menunjukkan, berdasarkan Alexa.com ada beberapa situs belanja online ternama, yakni MatahariMall, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli termasuk dalam 50 situs belanja online yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Makan 6 Buah Ini Saat Sahur, Jadi Lebih Kuat Tahan Lapar

2. Cek koleksi dan bandingkan harga

Bagi pelanggan yang gemar belanja, ada baiknya mencari situs dengan koleksi beragam dengan harga yang pas di kantong. Tanpa disadari, pilihan yang beragam akan memudahkan untuk menemukan produk yang tepat. Anda juga dapat membandingkan harga produk serupa dalam beberapa situs sekaligus untuk mendapatkan harga terbaik.

3. Pilihan alternatif untuk metode pembayaran

Kini, situs-situs semakin menyaingi ritel offline dalam konteks penyediaan metode pembayaran. Saat ini situs berbelanja online sudah banyak yang bekerja sama dengan berbagai bank di Indonesia. Mereka menyediakan potongan harga atau bunga cicilan yang rendah. Misalnya saja cicilan 0% di MatahariMall.com. Kuncinya adalah memerhatikan situs-situs belanja online yang memberikan diskon sesuai dengan kartu yang dimiliki.

Bila tidak memiliki kartu kredit namun perlu mencicil, pilihlah situs belanja online yang menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit, seperti penyedia program Super Cintaku (Super Cicilan Tanpa Kartu).

Bisa juga pelanggan pertimbangkan situs belanja online yang menerapkan sistem COD (Cash On Delivery).

4. Cermati metode pengiriman barang

Ketika berbelanja online, seorang pelanggan harus cermat dalam memilih metode pengiriman barang yang diterapkan situs . Sekalipun harga barang di sebuah situs terlihat murah, belum tentu biaya yang dikeluarkan akan tetap lebih murah ketika ditambahkan dengan biaya kirim. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan harga akhir yang tertera merupakan harga terbaik.

5. Perhitungkan diskon dan promosi

Pelanggan harus cermat memilih situs berbelanja yang mampu memberikan harga terbaik, sebut saja gadget yang dijual seharga 1,6 juta pada sebuah situs, dijual seharga 1,8 juta di situs lainnya dengan menyediakan diskon khusus, dan harganya menjadi 1,4 juta saja. Karena metode pencarian diskon ini memerlukan upaya lebih, pelanggan sering kali mengabaikan keberadaannya.

“Secara berkala, MatahariMall menghadirkan diskon dan promosi. Kami mengharapkan agar customer dapat teliti dalam mencari diskon yang disediakan oleh e-commerce lainnya juga, misalnya dengan memperhatikan banner website, newsletter, membuka laman kategori produk pilihan, dan lain-lain,” jelas Regan Dwinanda, Head of Communication and Partnership MatahariMall.com.

6. Ikuti akun media sosial e-commerce favorit

Pengunjung situs berbelanja online seringkali dihadapkan dengan pilihan untuk memasukkan alamat email dan penawaran berlangganan newsletter. Rupanya, bagi individu-individu yang gemar berbelanja online, newsletter dapat menjadi fitur yang praktis. Melalui newsletter, pelanggan dapat selalu mengetahui koleksi, promo, dan penawaran menarik dari situs-situs tersebut. Fitur ini juga mempermudah pelanggan dalam membandingkan harga antara e-commerce satu dengan yang lainnya.

Perlu juga ikuti media sosial milik e-commerce seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Line untuk dijadikan memperoleh informasi serupa. Selain itu, pemegang akun media sosial milik e-commerce tertentu juga aktif memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang masuk. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya