Hitung Mundur Misi Kontroversial Koloni ke Mars

Konsep pesawat misi Mars One mendapat di permukaan Planet Mars
Sumber :
  • spaceindustrynews.com

VIVA.co.id – Impian untuk membuat koloni kehidupan manusia makin mendekati kenyataan. Kini, Mars One, sebuah organisasi nirlaba tengah menyeleksi 100 orang calon penduduk manusia.

Temuan Penting, Ada Bahan Kehidupan di Planet Mars

Nantinya, 100 calon tersebut akan dipangkas menjadi 40 calon, kemudian diperkecil kembali menjadi 24 orang yang terpilih untuk memulai satu perjalanan ke Mars pada 2026. Mars One mengatakan, untuk menemukan calon yang terbaik, mereka akan melibatkan tesnya 90 persen dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

"Calon (penduduk Mars) akan menghadapi berbagai tantangan. Ini akan menjadi pertama kalinya semua kandidat akan bertemu langsung dan menunjukkan kemampuan mereka sebagai sebuah tim," ujar Mars One dalam pernyataannya dikutip dari Daily Mail, Selasa, 7 Juni 2016.

Ada Temuan Besar di Mars, tapi NASA Tutup Mulut

Organisasi yang berbasis di Belanda ini,juga mengungkapkan, para akan memainkan peran masing-masing yang aktif untuk membentuk sebuah kelompok. "Mars One meminta para kandidat agar menjadi sebuah tim dan percaya satu sama lain, bahwa mereka dapat bekerja sama dengan baik," ucap Mars One.

Satu yang paling penting, dikatakan Mars One, calon-calon penjelajah Planet Merah itu tidak akan kembali ke Bumi. Memang ini misi banyak dikatakan kontroversial, sebab mereka harus bisa bertahan hidup di Mars dengan kelompoknya dengan mencari sumber air, menghasilkan oksigen, dan menanam sumber makanan.

Manusia Pertama di Mars Harus Perempuan, Apa Alasannya?

Cara Mars One itu berbeda yang ditempuh oleh NASA kepada astronotnya. Mars One hanya menawarkan satu tiket perjalanan, tanpa adanya pulang kembali ke Bumi. Tujuannya, agar dapat membentuk koloni besar kemudian hari, yang mana akan datang kelompok manusia lainnya ke Mars.

Meski demikian, banyak yang tertarik untuk dijadikan bagian dari misi kontroversial Mars One tersebut. Tercatat, organisasi ini mendapatkan kiriman dari 200 ribu calon dari 140 negara. Awal tahun ini, 200 ribu kandidat itu dipangkas menjadi 100 calon, 50 wanita dan 50 pria.

Ke-100 calon tersebut akan digembleng oleh Mars One sebelum menemukan kelompok manusia yang tangguh untuk mengarungi kehidupan di planet di luar Bumi. Kelompok Mars One nantinya akan menempuh jarak perjalanan sejauh 40 juta mil atau sekitar 200 hari dari Bumi ke Mars.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya