Ini 14 Daerah yang Bakal Alami Curah Hujan Tinggi

Ilustrasi Prakiraan Cuaca.
Sumber :
  • Antara/ Adnan

VIVA.co.id – Fenomena La Nina diperkirakan akan terjadi di Indonesia hingga November nanti. Saat fenomena ini berjalan, curah hujan di atas normal akan terjadi.

BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Daerah-daerah yang diprediksi mengalami curah hujan Atas Normal pada periode musim kemarau sepanjang Juli, Agustus, September, yaitu Sumatera Utara bagian Barat, Sumatera Barat bagian Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa bagian Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimatan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua.

"Perlu diwaspadai terjadinya fenomena La Nina yang dalam hal ini memungkinkan beberapa daerah mengalami periode musim kemarau dengan sifat hujan Atas Normal (kemarau basah) dan periode musim hujan dengan curah hujan tinggi yang dapat berpotensi menimbulkan banjir," tulis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Jumat 3 Juni 2016.

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jakarta Diguyur Hujan Seharian

Namun, BMKG mencatat, La Nina memungkinkan adanya efek positif, yaitu terjadinya kemarau basah terhadap sektor pertanian. Hal ini meningkatnya luas lahan tanam dan produksi padi.

"Namun perlu diwaspadai munculnya serangan hama penyakit tanaman pada kondisi tanah yang lembab. Sementara dampak negatif dari kemarau basah di antaranya menurunnya hasil produksi beberapa komoditas perkebunan seperti tembakau, tebu, dan teh serta tanaman hortikultura lainnya,” tulis BMKG.

Waspada Banjir, Pintu Air Angke Hulu Siaga 3 pada Senin Dini Hari

Adapun dampak positif lain dari La Nina, yaitu hangatnya suhu muka laut yang meningkatnya tangkapan ikan tuna. Tapi kondisi ini kurang begitu menguntungkan bagi para petambak garam.

Warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta. (Foto ilustrasi).

Pagi Hari Langit Jakarta Mendung, Hujan Ringan Bakal Mengguyur

Warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin bepergian mesti waspada potensi turunnya hujan hingga siang hari.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024