Aplikasi Xwork, Sewa Ruang Meeting Mulai Rp50 Ribu

Aplikasi Xword
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Mencari ruangan pertemuan (meeting) di kota besar kini tidak perlu pusing. Sebab, kini cukup dengan melalui sentuhan di layar smartphone dan perangkat mobile, pengguna sudah bisa leluasa memesan tempat meeting kelas hotel. Kemudahan itu disediakan oleh aplikasi Xwork.

Penipu Makin Jago, GoFood Kian Peduli Keamanan Data Pribadi

Xwork merupakan sebuah aplikasi sebagai platform untuk memesan ruangan meeting di wilayah Jakarta. Menariknya harga ruangan yang tersedia pada platform ini sangat murah, minimal Rp50 ribu untuk satu jam.

"Kita yang pertama membuat mobile aplication di Asia Tenggara untuk pencarian meeting room, dan (waktu) booking hanya dalam waktu kurang dari satu menit, karena sistem kita sangat efisien," ujar Chief Executive Officer (CEO), PT. Urban Solusi Digital, Andre Gunawan dalam perkenalan Xwork di Jakarta, Jumat 3 Mei 2016.

Nilai Bisnis juga Tidak Kalah Penting di Era Digital

Andre mengatakan, saat ini ruangan yang telah tersedia pada platform ada sekitar 200-an ruang meeting. Pengelola Xwork telah bekerja sama dengan sekitar 50 hotel, 40 gedung perkantoran dan 3 restoran. Tempat ruangan pertemuan yang disewakan di antaranya Favehotel, NEO, Aston, Fortice, Square, Meso, Beautique Office dan lainnya.

Cara pengguna menggunakan aplikasi ini, dijelaskan hanya dengan membuka aplikasi, kemudian tercantum pemetaan lengkap titik gedung dan harga yang dikenakan per jamnya. "Harga yang tercantum, harga minimalnya," kata Andre.

Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 Wadah Global Startup Lokal

Jika pengguna mengklik gedung yang diinginkan, maka akan tercantum data detail, seperti ruangan lain yang tersedia di gedung, disertai informasi harga dan kapasitas orang. Kemudian, ruangan yang diinginkan dipilih melalui tombol 'check availability', untuk melihat detail waktu dan tanggal yang tersedia. Pengguna diminta lakukan pengisian waktu dan tanggal sesuai keinginan.

"Jika warnanya agak gelap seperti ini (abu tua) artinya sudah ke booking. Sementara, jika ruangannya bebas, maka pada waktu tersebut akan berwarna putih," jelas Andre.

Setelah pengguna mengisi waktu, harga total juga dicantumkan. Sebagai catatan, Xwork memberi diskon 10 persen hingga Juli 2016. Sebelum memesan ruangan, pengguna bisa memasukkan kode 'meetingmudah'.

Untuk melanjutkan pemesanan, pengguna harus mengisi data, kemudian pilih metode pembayaran, tersedia dengan kartu kredit dan transfer. Untuk transfer, melalui perantara Xwork.

Chief Operating Officer (COO) PT. Urban Solusi Digital, William Budihardjo menambahkan, satu ruangan meeting yang tersedia dengan kapasitas maksimal 20 orang, harga yang tersedia dari Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu. Tapi jika memang kapasitas besar hingga 70 orang bisa sampai Rp 1,5 juta.

"Pemesanan tempat meeting dapat dilakukan 30 menit sebelum meeting dimulai," kata William.

Andre menuturkan, untuk vendor yang ingin mendaftarkan ruangan mereka untuk disewakan pada Xwork, bisa mengisi formulir pada website Xwork.

"Nanti kita yang menghubungi, dan kita cek dulu, dalam lima menit sudah masuk aplikasi," jelas Andre.

Untuk satu ruangan yang diiklankan, vendor dikenakan Rp500 ribu untuk satu tahun. Sementara dari model bisnis ini, Xwork mengaku mendapatkan 15 sampai 20 persen dari harga satu kali pemesanan.

Aplikasi Xwork ini telah ada sejak Januari 2016 dan sudah tersedia di Android dan iOS. Total pengunduh sudah mencapai 2 ribu, dan total pengguna yang booking ruangan sekitar 80 pengguna dan 160 jam booking.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya