Beli 1.500 Paten Microsoft, Xiaomi Sematkan Skype dan Office

CEO Xiaomi Lei Jun.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Lee

VIVA.co.id – Pasar smartphone buatan Microsoft memang tidak secerah Samsung dan lainnya. Meski telah membeli Nokia, namun tetap saja, Microsoft tidak bisa menguasai pasar smartphone dunia.

Bos Apple dan Microsoft Mau Sowan ke Jokowi

Mungkin ini yang menjadi penyebab perusahaan Bill Gates itu akhirnya memutuskan untuk menjual paten ke Xiaomi. Xiaomi saat ini telah menjadi salah satu produsen smartphone terbesar di dunia.

Dilansir melalui Seattle Times, Rabu, 1 Juni 2016, Microsoft dikabarkan telah menjual hampir 1.500 paten teknologinya kepada Xiaomi. Diharapkan, paten-paten itu akan memantapkan langkah Xiaomi untuk memperluas jangkauan pasarnya ke luar negeri, selain China.

Microsoft Rekrut Tokoh Muslim yang 'Drop Out' dari Oxford

"Paten teknologi yang dijual Microsoft cukup banyak, mulai dari teknologi pendukung komunikasi nirkabel, video, cloud, dan teknologi multimedia," ujar juru bicara Xiaomi, Kaylene Hong.

Dikutip dari TechCrunch, beberapa software buatan Microsoft juga akan menjadi default apps di dalam Xiaomi, seperti Skype dan produk Microsoft Office.

Ada Kabar Kurang Enak dari Microsoft untuk Pengguna Windows 11

Xiaomi pun mengumumkan, mulai September nanti, jajaran ponsel terbaru Xiaomi akan disematkan Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan Skype. Model Xiaomi yang dimaksud adalah Xiaomi Mi 5, Mi Max, Mi 4 dan juga jajaran smartphone terjangkau seperti Redmi Note 3 dan Redmi 3.

Tahun lalu, Xiaomi diklaim telah berhasil menjual sekitar 70 juta perangkat berbasis Android. Pangsa pasarnya yang besar di China dan beberapa negara lain dianggap sebagai mitra distribusi yang potensial bagi Microsoft.

Sebelumnya, Xiaomi juga pernah bekerja sama dengan Microsoft dalam urusan cloud, implementasi Windows 10 untuk Android, dan penggunaan Microsoft Azure  untuk layanan Xiaomi Mi Cloud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya