6 Angka yang Tak Kalah Mistis dari 13

Angka 13
Sumber :

VIVA.co.id – Beberapa angka dianggap mistis dan kerap dituding sebagai pembawa sial. Seperti halnya angka 13, yang dianggap angka sial, ada angka lain yang tak kalah dianggap buruk.

Ikan 'Gempa' Oarfish Terdampar di Pantai, Warga Geger

Angka 13 identik dengan istilah Friday the 13th. Itu adalah hari Jumat yang tepat di tanggal 13 setiap bulannya, sebuah hari yang dianggap sebagai hari sial dan warga harus menghindari beberapa hal agar tidak tertimpa sial. Benda yang harus dihindari seperti kaca yang retak atau kucing hitam. Angka 13 kerap dianggap sebagai angka sial bagi sebagian orang-orang Barat.

Dikutip dari situs Live Science, Rabu, 1 Juni 2016, beberapa angka lainnya ternyata juga dianggap buruk di wilayah lainnya di dunia. Misalnya seperti angka 4 atau 39 yang dianggap membawa keburukan.

Hari ini Friday 13th, Benarkan Bisa Bawa Sial Buat Semua Orang?

Berikut beberapa angka yang dianggap mistis oleh Live Science, lengkap dengan penjelasan ilmiah.

1. Angka Empat

Penyu Terancam Punah Gara-gara Takhayul Meningkatkan Gairah Seks

Dalam bahasa Mandarin, empat dilafalkan dengan 'si'. Kata itu, jika dilafalkan dengan ejaan intonasi yang berbeda, artinya sama dengan 'kematian'. Angka ini dianggap sama sialnya dengan 13. Jika gedung di Amerika menghindari penomoran lantai 13, di China angka 4 justru dihindari.

Angka itu juga ternyata mempengaruhi kepemilikan plat nomor di Beijing. Para pengemudi dikabarkan kerap menghindari nomor plat kendaraan yang memiliki angka 4.

2. Angka 39

Artikel yang ditulis The Guardian pada 2011 pernah menyebutkan jika angka 39 sangat dihindari penggunaannya di Afghanistan. Usut punya usut, angka tersebut identik dengan kehidupan germo di sebuah wilayah di Afghanistan. Germo itu diketahui memiliki mobil dengan plat nomor 39 dan tinggal di apartemen nomor 39. Meski belum diketahui kebenarannya, angka 39 terbukti dihindari di wilayah itu karena identik dengan prostitusi dan jual diri di Afghanistan.

3. Angka 11

Angka 11 kerap dianggap sebagai angka hantu. Jika ada orang yang mengatakan selalu terngiang-ngiang dengan angka 11 di pikirannya, mereka dianggap akan terkena hal buruk. Apalagi jika kebetulan melihat angka 11:11 terpampang di jam digital. Angka 11 kadang sering dihubungkan dengan kepunahan bangsa Maya. Namun sejarawan dari University of Kansas, Joh Hoopes, mengatakan jika angka itu gampang diingat karena memiliki pola yang sangat simpel.

4. Angka 666

Ini merupakan angka yang sangat dipercaya oleh penganut teologi Kristen memiliki kekuatan jahat. Angka itu identik dengan setan atau iblis, disebut juga dengan angka binatang, karena terdapat dalam kitab Perjanjian Baru, wahyu Yohanes 13:18 yang mengatakan 'Barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam'.

5. Sembilan

Angka sembilan dianggap sebagai nasib buruk bagi seorang komposer di masa lalu. Biasanya komposer akan menemui ajalnya setelah menghasilkan karangan lagu yang ke-9. Hal ini terjadi pada Ludwig van Beethoven. Namun ini hanya sebagian kecil. Banyak juga komposer lain yang masih hidup setelah simfoni ke-9, termasuk komposer asal Finlandia, Leif Selim Segerstam yang hasil karyanya mencapai 296.

6. Angka 26

Di India, angka 26 dianggap membawa hal buruk. Hal ini disimpulkan warga dari banyaknya kejadian di tanggal tersebut. Misalnya saat tsunami di 2004 yang terjadi pada 26 Desember, menewaskan lebih dari 10.000 orang di India. Selain itu, pada 2001, Gujarat pernah diterjang gempa kekuatan 7,7 skala richter pada 26 Januari dan menewaskan 13.000 orang. Ditambah dengan teror di Mumbai, pada 26 November 2008 dan membunuh 164 orang. Ahli numerologi di India juga kerap menghindari angka 26 karena jika kedua angka ditambahkan jumlahnya menjadi delapan, yang dianggap angka sial di negara itu.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya