Begini Jadinya Jika Korea Utara Kloning Facebook

Tampilan kloningan Facebook
Sumber :
  • www.motherboard.com

VIVA.co.id – Perusahaan pemantau penggunaan internet, Dyn, menemukan Korea Utara diketahui telah menciptakan sebuah kloningan .

Korut Akan Kembali Berulah, Jepang Perintahkan Militer Siaga

Perusahaan itu menemukan seseorang telah menciptakan kloningan Facebook, setelah mengetahui ada sebuah situs mirip Facebook, dengan alamat nama domain di negeri terisolasi tersebut.

Dikutip dari Motherboard, Selasa 31 Mei 2016, situs kloningan Facebook itu sejauh ini belum punya nama, tapi dalam tampilan antarmukanya mirip dengan Facebook. Misalnya ada newsfeed, likes, dan layanan messaging. Pada platform tersebut hanya tertulis, 'Welcome to Our Social Network'.

Dua Kapal Korut Langgar Perbatasan, Korsel Kirim Tembakan

Salah satu peneliti Dyn, Doug Madory mengatakan, perusahaannya menemukan alamat nama domain situs kloningan Facebook itu ada di Korea Utara dengan menggunakan tool analitik milik Dyn.

"Situs itu terlihat seperti merek atau brand baru. Sangat sedikit website yang berakhir di Korea Utara dan situs ini ternyata salah satunya," kata Madory.

Korea Selatan, Jepang dan AS Bersiap Hadapi Korut

Sejauh ini Madory mengaku tidak mengetahui siapa pihak yang berada dalam situs kloningan Facebook tersebut.

Saat dicoba, Madory mengatakan, semua fiturnya berfungsi dan mirip dengan Facebook. Dia mengatakan orang yang membuat situs mirip Facebook itu kemungkinan menggunakan sebuah perangkat lunak yang dinamakan phpDolphin.

"Itu (phpDolphin) merupakan kloning Facebook umum yang bisa Anda beli dan atur. phpDolphin tampak seperti (program) yang digunakan di dalam perusahaan-perusahaan," ujar Madory.

Hal menarik dari kloningan Facebook ini yaitu tiap postingan baru akan terdapat keterangan, 'telah diposting 30 menit yang lalu'. Memang unik. Tapi ini memang terkait karena Korea Utara sendiri pada 2015, dengan penanda 30 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya