VIDEO: Detik-detik Roket SpaceX Mendarat di Atlantik

Roket Falcon 9 siap meluncurkan Satelit Merah Putih
Sumber :
  • Twitter/@cbphoto1

VIVA.co.id – Pekan lalu, perusahaan antariksa swasta, berhasil kembali mendaratkan roketnya, Falcon 9, setelah meluncurkan ke ruang orbit. Keberhasilan pendaratan kembali roket itu merupakan yang ketiga kalinya bagi perusahaan yang didirikan Elon Musk.

Satelit Merah Putih 2 akan Beroperasi Penuh

Dikutip dari The Verge, Senin 30 Mei 2016, dalam misi peluncuran dan pendaratan roket ketiga tersebut, yang mendarat di sebuah bidang mengambang di Samudera Atlantik.

Pendaratan kembali roket Falcon 9 itu berhasil dalam tahap pertama peluncuran tersebut. Seusai berhasil mendarat kembali ke bidang di Samudera Atlantik, roket itu melanjutkan misi kedua.

Gawat! Elon Musk Ngobat

Pada tahap kedua, Falcon 9 kemudian mengirimkan satelit THAICOM-8 ke orbit geostasioner yang punya ketinggian lebih dari 20 ribu mil di atas Bumi. Satelit berbobot 1.300 kilogram itu akan bertugas di wilayah orbit selama 15 tahun untuk membantu meningkatkan sinyal data dan televisi di wilayah Asia Tenggara.

Kamera dipasang di roket untuk melihat bagaimana berlangsungnya pendaratan bersejarah tersebut.

Rusia Diam-diam Buat Senjata Mematikan, AS Dibuat Melongo

tidak hanya merekam pendaratan roket tersebut. Perusahaan itu juga menampilkan detik-detik saat roket Falcon 9 meluncur ke antariksa. Momen itu bahkan ditampilkan dengan gerak lambat begitu roket meluncur. Momen ini diabadikan di akun Instagram SpaceX.

Untuk menyebarkan keberhasilan misi pendaratan roket tersebut, SpaceX juga mengabadikan beberapa foto dalam halaman platform Flickr.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya