Jasa Tukang Kini Bisa Dipanggil Lewat Aplikasi

Pengelola aplikasi FindTukang
Sumber :
  • FindTukang

VIVA.co.id – Kemudahan layanan kini bisa didapatkan melalui ponsel pintar. Termasuk kebutuhan untuk mendapatkan tukang perbaikan rumah misalnya. Sebab kini telah hadir aplikasi mobile FindTukang.

Penipu Makin Jago, GoFood Kian Peduli Keamanan Data Pribadi

FindTukang merupakan aplikasi mobile yang memungkinkan membantu pengguna dalam memesan jasa tukang melalui sentuhan tangan di smartphone. Berbagai tukang tersedia di aplikasi tersebut, mulai dari tukang perbaikan AC, servis elektronik, perbaikan komputer, perbaikan ledeng, tukang cukur sampai tukang cuci mobil pun tersedia di FindTukang.

Chief Executive Officer (CEO) FindTukang, Nope Lavanda, mengatakan kemunculan aplikasi itu berdasarkan pengalamannya yang kesulitan mencari jasa tukang-tukang itu. Tujuannya tak lain memudahkan masyarakat mencari tenaga ahli yang profesional di bidangnya.

Nilai Bisnis juga Tidak Kalah Penting di Era Digital

"FindTukang hadir sebagai solusi untuk menjawab permasalahan sulitnya mencari tukang atau tenaga ahli yang bisa memperbaiki perangkat yang rusak di rumah. Ide ini juga muncul dari sejumlah pengalaman diri saya dan teman-teman di FindTukang," ujarnya dalam siaran pers, Senin 30 Mei 2016.

Selain itu, dikatakan Nope, keberadaan FindTukang juga sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam mengentaskan masalah pengangguran. Dia mengatakan, ingin memberikan kebanggaan dan meningkatkan rasa percaya diri para tukang seperti halnya tukang ojek sepeda motor.

Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 Wadah Global Startup Lokal

"Kami juga ingin mengubah cara berpikir masyarakat yang mengartikan tukang sebagai kuli," ucap Nope.

Sampai sementara ini, Nope mengungkapkan platform mereka telah memiliki 100 tukang yang tersebar di Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan. Ia menargetkan sampai akhir 2016, jumlah tukang yang ada pada aplikasinya mencapai 500 orang yang tersebar di Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, dan Depok.

"Hingga akhir 2017, kami targetkan 5.000 tukang yang tersebar di Jabodetabek. Kami tak hanya ingin populer di Indonesia, tapi juga go international," kata dia.

Masyarakat yang ingin menikmati layanan FindTukang dapat mengunduhnya di Play Store. Bila sudah, langsung login, pengguna hanya perlu mengisi alamat dan memilih kategori jasa tukang yang dibutuhkan. Selanjutnya, pilihan tukang dalam radius 10 kilometer akan muncul beserta rating mereka.

Tarif

Terdapat dua jenis tarif pemanggilan dari aplikasi FindTukang. Untuk biaya pemanggilan servis AC, ledeng, komputer serta perangkat elektronik dipatok Rp30ribu sekali pemanggilan. Biaya tersebut hanyalah jasa pemanggilan tukang saja, belum termasuk biaya jasa dari si tukang tadi, serta biaya pembelian alat atau spare part yang dibutuhkan.

Lalu, tarif kedua sebesar Rp45 ribu untuk sekali pemanggilan tukang cuci mobil, atau tukang potong rambut. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya jasa tukang. Untuk pembagian tarifnya, FindTukang mengambil 20 persen atas tarif panggilan jasa ini.

Untuk sistem pembayaran, saat ini FindTukang masih mengandalkan pembayaran tunai, namun ke depannya mereka juga akan menggunakan jasa kartu kredit serta metode pembayaran lainnya yang antara lain dari Bank Mandiri, Telkomsel, dan lainnya.

Nope menjelaskan, nantinya tarif FindTukang tak hanya berdasarkan biaya pemanggilan tukang semata, tapi termasuk jasa serta penggantian spare part yang dilakukan tukang. Langkah ini bakal dilakukan setelah mendapat input tarif seluruh jasa dari tukang secara manual.

"Kami akan menstandarisasi tarif seluruh jasa secara end to end. Selain itu, di versi kedua aplikasi, kami juga akan menghadirkan layanan pengecatan rumah, renovasi rumah skala kecil, serta pemasangan atap rumah," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya