Jangan Terkecoh, Hari Ini Planet Mars Tampil Paling Terang

Formasi pada rasi Scorpio
Sumber :
  • Foto dari Thomas Djamaluddin

VIVA.co.id – Planet Mars pada akhir Mei ini akan tampil berbeda dengan penampilan biasanya. Planet Merah itu akan berjarak paling dekat dengan Bumi dalam satu dekade terakhir.

Babak Baru Robot Penjelajah Planet Mars

Pada hari ini, 30 Mei 2016, jarak Planet Mars hanya 75,27 juta kilometer dari Bumi. itu akan tampak lebih besar dilihat dari Bumi sejak terakhir kali posisi terdekatnya dengan Bumi pada 5 Oktober 2005.

Dengan jarak yang dekat tersebut, maka Planet Merah bakal tampil lebih terang dari biasanya. Tercatat posisi lebih dekat dengan Bumi akan terjadi lagi pada 2018.

Pemburu UFO Soroti 'Cincin Emas' di Planet Mars

Dua tahun lagi, posisi Mars dari Bumi berada pada jarak 57,6 juta kilometer. Tercatat rekor jarak Mars dan Bumi terdekat telah terjadi pada 2003, saat itu jarak kedua planet itu 55,6 juta kilometer. Rekor 2003 kemungkinan akan dipecahkan dengan jarak terdekat antara kedua planet pada 28 Agustus 2287.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, membenarkan posisi Mars yang unik pada hari ini.

Penampakan Mirip Ular di Batuan Planet Mars

"Mei ini memang Mars mencapai posisi purnama (pekan III Mei) dan jarak terdekat pada akhir Mei," kata Thomas kepada VIVA.co.id, Minggu malam, 29 Mei 2016.

Thomas mengatakan dengan jarak terdekat, maka Mars akan tampil lebih terang di langit. Menurutnya, Planet Mars akan tampak di langit timur di rasi Kalajengking (Scorpio) seusai Magrib pada hari ini.

"Tampak seperti bintang kemerahan yang cukup terang. Ada bintang terang lainnya yang warnanya juga kemerahan di rasi Scorpio, itulah bintang Antares. Jadi jangan terkecoh, Mars lebih terang daripada Antares," jelasnya.

Selain bintang Antares, pengamat di Bumi juga diminta untuk cermat. Sebab di sekitar rasi Scorpio, juga akan tampil Saturnus, yang dari sisi besaraannya hampir setara dengan penampakan Mars. Namun Thomas menegaskan, dari formasi di rasi Scorpio dan sekitarnya, Mars tampil paling terang.

Jebolan program doktor Astronomi Universitas Kyoto, Jepang tersebut mengatakan, penampilan berbeda Planet Mars itu bisa dinikmati dengan mata telanjang pengamat di Bumi. Dia mengatakan Mars bisa dinikmati mulai dari petang sampai jelang pagi hari.

"Sesudah Magrib tampak di Timur, tengah malam tampak di atas kepala dan Subuh tampak di barat," ujar Thomas. (ase)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya