Pasar Drone di RI Menggiurkan, Ini Gambarannya

PT. Pasifik Teknologi Indonesia distribusikan drone besutan DJI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Drone atau pesawat tanpa awak tengah menjadi tren di pasar Indonesia belakangan ini. Hal itu menjadi dasar PT Pasifik Teknologi Indonesia untuk turut serta memasarkan beberapa tipe dari DJI.

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

Untuk tahap awal, Pasifik Teknologi Indonesia yang berperan sebagai distributor ini mulai memasarkan DJI generasi keempat, yakni Phantom4. Mereka yakin, Phantom4 akan diminati masyarakat guna, sebab drone sering digunakan untuk keperluan sinematografi maupun fotografi.

Pasifik Teknologi Indonesia yang kenyang pengalaman sebagai distributor penyedia CCTV dan perangkat keamanan ini merambah pasar karena pesawat tanpa awak tersebut tengah diminati masyarakat.

Iran Serang Israel, Airlangga Serukan Parpol Bersatu karena Situasi Ketidakpastian Meningkat

"Drone tak hanya sebagai hobi, tapi sudah meluas ke dunia sinematografi maupun fotografi yang memotret lingkungan sekitar yang tak dapat dijangkau oleh manusia. Saat ini, pasar drone sedang menggiurkan, secara umum saja penjualan drone bisa mencapai 30-40 unit per bulan," kata Marketing Manager Pasifik Teknologi Indonesia, Juan Andreas di Jakarta, Jumat, 27 Mei 2016.

Juan memaparkan spesifikasi pada Phantom4. Dia mengatakan, buatan DJI yang terbaru itu memungkinkan dapat kembali ke tempat awal peluncuran, ketika baterai sudah habis. Kondisi itu akan mengurangi risiko jatuhnya drone ke permukaan.

Rusia Dukung Iran Atas Serangan Balasan ke Israel

"Menariknya, Phantom4 ini kembali lagi ke tempat semula diluncurkan saat daya baterai tinggal 10 persen. Itu otomatis balik lagi dan pengguna tidak bisa mengoperasikannya untuk sementara sebelum diisi daya baterainya lagi," ucapnya.

Daya jelajah Phantom4 cukup luas, yaitu mampu dikendalikan sejauh lima kilometer dengan kecepatan 16 meter per detik, dan ke atasnya enam meter per detik. Phantom4 ini bisa dioperasikan sekitar 30 menit dari awal hingga habis baterainya.

"Kalau untuk menerjang hujan, itu belum bisa. Phantom4 bisa merekam melalui kamera 12 MP dengan hasil video dengan resolusi 4K. Tentunya, ini cocok bagi pengguna di bidang profesional, seperti fotografi, industri perkebunan, pertambangan, bahkan oleh pemerintah dalam menanggulangi bencana," ujar dia.

Phantom4 memiliki ukuran 30 x 30 x 30 cm dengan berat delapan kilogram. Drone tersebut dijual seharga sekitar Rp21,9 juta dan Pasifik Teknologi Indonesia akan memberikan garansi hingga satu tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya