Pekan Depan, Mars Tampil 10 Kali Lebih Terang dan Besar

Penampakan Planet Mars selama 2016
Sumber :
  • www.inverse.com

VIVA.co.id – Penampakan langka Planet Mars akan terjadi pada awal pekan depan. Pada Senin petang 30 Mei 2016, pukul 21.35 GMT, akan tampil pada jarak paling dekat dengan Bumi dalam satu dekade terakhir.

Babak Baru Robot Penjelajah Planet Mars

Planet Merah itu akan tampak lebih besar dilihat dari Bumi sejak terakhir kali posisi terdekatnya dengan Bumi pada 5 Oktober 2005. Pada awal pekan depan, posisi itu berjarak 75,27 juta kilometer dari Bumi.

Dikutip dari Space, Kamis, 26 Mei 2016, pada pekan lalu, Minggu pagi 22 Mei, berada pada
posisi yang berlawanan dengan Matahari. Dengan demikian posisi Mars akan berada pada satu garis lurus dengan Bumi dan Matahari. Pada posisi berlawanan itu, Mars memang makin dekat dengan Bumi dalam jalur orbitnya tapi itu masih kalah bagusnya dengan posisi nanti pada awal pekan depan.

Pemburu UFO Soroti 'Cincin Emas' di Planet Mars

Sebab, dikutip dari Inverse, pada Senin pekan depan, akan tampak 10 kali lebih cerah dan besar dibanding pada penampakan biasanya.

Momentum langka ini dimanfaatkan oleh Slooh, sebuah platform yang mengumpulkan rekaman langsung dari teleskop atas berbagai fenomena astronomi..

Penampakan Mirip Ular di Batuan Planet Mars

Slooh akan merekam detik-detik saat Mars menampakkan lebih besar dan lebih terang pada awal pekan nanti.

"Ukuran Planet Mars lebih bervariasi dibandingkan dengan planet lain dan kami telah menunggu selama satu dekade untuk Mars muncul lebih dekat dan tampak besar," kata astronom Slooh, Bob Berman dalam pernyataannya.

Tercatat posisi lebih dekat Planet Mars dengan Bumi akan terjadi lagi pada 2018. Dua tahun lagi, posisi Mars dari Bumi berada pada jarak 57,6 juta kilometer. Tercatat rekor jarak Mars dan Bumi terdekat telah terjadi pada 2003, saat itu jarak kedua planet itu 55,6 juta kilometer.

Rekor 2003 kemungkinan akan dipecahkan dengan jarak terdekat antara kedua planet pada 28 Agustus 2287.

Bumi dan orbit Mars memungkinkan untuk makin dekat karena keduanya punya jalut orbit elips. Planet Mars berdekatan dengan Bumi terjadi setiap 26 bulan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya