Kapsul Bencana Ini Terinspirasi Tsunami Aceh

The Survival Capsule
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk/Cater News Agency

VIVA.co.id – Sebuah perusahaan Survival Capsule membuat sistem keamanan personal yang bisa menghadapi semua jenis bencana besar.

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Sistem keamanan berbentuk bola raksasa berawak itu diklaim bisa melindungi manusia dari terjangan tsunami, angin tornado, badai, goncangan gempa bumi maupun bencana lainnya. Sistem penyelamat yang dinamai The Survival Capsule itu punya serangkaian fitur penyelamat di dalamnya.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa, 24 Mei 2016, sistem penyelamat bola raksasa itu bisa memuat beberapa orang saat masa darurat.

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

The Survival Capsule dirancang dari bahan cangkang dan bingkai alumunium yang keras. Cangkang dan bingkai itu terpisah, dengan tujuan membuat penghuni di dalamnya bisa tetap terasa hangat. Kondisi hangat diperlukan agar penghuni bisa aman dalam hal usai bencana, sebelum tim penyelamat datang. Desain itu bertujuan agar kapsul terasa kuat dan tahan lama sedemikian rupa.

Kapsul itu dirancang dengan melibatkan tim insinyur kedirgantaraan. Dan sudah diuji serupa yang dilakukan dalam industri kedirgantaraan. Uji itu untuk memeriksa bagaimana kekuatan dan daya tahan kapsul tersebut.

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

"Tujuan pengujian kapsul ini adalah untuk meyakinkan kepada masyarakat umum bahwa kapsul ini menawarkan keamanan di lingkungan yang sangat darurat, yang mana misalnya saat tsunami terjadi," kata pendiri The Survival Capsule, Julian Sharpe.

Bagian eksterior The Survival Capsule ini mulus, terdapat dua jendela yang bisa dibuka dari luar maupun dari dalam. Jendela pada sistem bola raksasa itu berstandar kemaritiman dan pintu bola raksasa itu kedap air.

Sedangkan bagian interior terdapat beberapa fasilitas yang mendukung saat kondisi darurat. Di antaranya, penyimpanan air, Global Positioning System (GPS), tangki pasokan udara, Basic Internal Light.

"Sistem penyelamat ini memberikan opsi kepada orang dalam sistem keamanan mereka yang mudah diakses siang atau malam hari. Dan ini benar-benar memberikan keluarga sebuah keamanan yang sebelumnya tidak dimiliki," ujar Sharpe.

Nah, dalam kondisi darurat, kapsul bola raksasa itu dirancang bisa mengambang. Skema ini bisa bermanfaat dalam hal dilanda tsunami. Sistem di dalam bola raksasa itu juga didesain agar mencegah tangki air di dalamnya bergulir terbalik.

Kapsul bola raksasa ini juga memungkinkan ditambatkan pada sebuah bangunan atau objek kokoh. Skema ini mencegah agar tidak hanyut.

Perancang mengatakan kapsul bola itu juga tahan dengan penetrasi objek tajam, tahan dari paparan panas, sampai benturan benda tumpul.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/24/5743d5d56aa02-interior-kapsul-survival-capsule_663_382.jpg

Interior Survival Capsule

Pembuat kapsul itu memberikan beberapa opsi untuk kapasitas penghuninya. Ada yang berkapasitas mulai dari dua orang sampai 10 orang. Selain itu, pilihan lain misalnya fasilitas toilet dan sistem musik.

Sharpe mengaku membuat kapsul penyelamat bencana itu karena terinspirasi setelah bencana tsunami besar melanda Aceh, Indonesia pada 2004. Tsunami itu telah menelan korban tewas sampai hampir 225 ribu warga. Menurutnya, jumlah korban tersebut tergolong sangat besar.

"Sistem peringatan dini modern saat ini bisa menyelamatkan boleh jadi sampai 90 persen populasi, tapi akhirnya 10 persen dari populasi itu kemungkinan besar akan binasa," kata dia.

Sharpe mengatakan belum merilis berapa harga dari kapsul penyelamat bencana itu, namun terbuka dengan pemesanan kapsul. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya