Ini Cara JobStreet Carikan Perusahaan yang Tepat

Chief Product Officer of Seek Asia, Jake Andrew (duduk)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Situs pencari kerja, JobStreet.com baru saja mengumumkan fitur terbaru pada platform-nya, Company Reviews. Fitur ini dimaksudkan untuk memberikan informasi mengenai latar belakang perusahaan kepada para pencari kerja secara transparan.

Trik Jawab Pertanyaan Wawancara Kerja yang Menjebak

Chief Product Officer of Seek Asia, Jake Andrew, mengatakan fitur Company Reviews berisi informasi perusahaan ini diisi sendiri oleh 'mantan' pekerja yang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Sebagai catatan, Seek Asia merupakan pemilik JobStreet dan JobsDB.

"Pencari kerja akan mengetahui hal-hal berkaitan dengan perusahaan yang dilamar karena pemberi informasi adalah para pekerja dan mantan pekerja di perusahaan tersebut. Informasi ini sangat bermanfaat bagi pencari kerja dalam menentukan perusahaan mana yang akan ia lamar," kata Andrew dalam pemaparan peluncuran fitur di Plaza UOB, Jakarta Jumat 20 Mei 2016.

JobStreet, Dulu Banyak yang Ragu Kini Makin Diburu

Nah, bagi mantan pekerja perusahaan tersebut tak perlu khawatir untuk meluapkan apa yang ingin diungkapkan. Sebab, pada fitur tersebut, identitas dirahasiakan oleh JobStreet alias anonim.

Tapi, saat yang sama, perusahaan bisa mengonfirmasi kebenaran tentang informasi yang disampaikan mantan pekerja. Perusahaan juga punya hak jawab atau memberikan komentar.

Urbanhire, Situs Agregator Pencarian Kerja

"Fitur Company Reviews menjadikannya terstruktur, dan tempat berkumpul di mana semua perbincangan tersebut terjadi secara transparan. Ulasan yang diberikan dimonitor agar memenuhi aturan komunitas yang di buat oleh JobStreet.com," jelas Andrew.

Andrew mengatakan, jadi dengan fitur Company Reviews ini tidak hanya si pelamar yang diuntungkan dengan informasi yang 'blak-blakan'. Tapi si perusahaan juga mendapat keuntungan, yaitu si calon karyawan mencari-cari informasi, artinya mereka menerima lamaran kerja dari orang-orang yang lebih antusias terhadap perusahaan dan pelamar juga sudah siap dengan lingkungan kerja.

Mengenai penggunaan fitur ini, dijelaskan Andrew, pengguna bisa kunjungi web JobStreet. Lalu pada halaman utama, pencari kerja dapat mengklik kotak di sebelah kanan yang ada tulisan 'Beri Penilaian Sekarang'. Selanjutnya, pencari kerja dapat memberikan ulasan tentang perusahaan, mengenai hal yang baik dan yang harus diperbaiki.

Ada beberapa kategori yang bisa diisi dengan tanda bintang, seperti peluang pengembangan karier, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, lingkungan bekerja, jajaran manajemen, tunjangan dan fasilitas, serta tingkat stres.

Country Manager JobStreet.com Indonesia, Faridah Lim menyampaikan, tanggapan oleh mantan pekerja di fitur ini tidak diperkenankan dengan motivasi dendam pribadi dengan kalangan tertentu. Namun lebih diorientasikan kepada perusahaannya saja.

"Jadi kita ada monitor by sistem dan manual, ada orang di belakang yang mengontrol," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya