Aplikasi Duo, Bisa Video Call dari Android ke iOS

Google Duo di I/O Developer Conference
Sumber :
  • The Verge

VIVA.co.id – Google akhirnya menjawab tantangan Apple untuk mengeluarkan pesaing Face Time. Aplikasi video call besutan Google itu diberi nama Duo, mengindikasikan percakapan dua orang.

Google Manjakan Pengguna Android

Dalam penjelasannya di Google I/O Developer Conference, Amit Fulay, Group Product Manager of Communications Product, mengatakan Duo merupakan aplikasi yang hanya bisa digunakan di smartphone. Untuk menggunakannya dibutuhkan nomor ponsel.

"Duo hanya untuk pengguna smartphone. Kami menggunakan nomor telepon anda untuk bisa saling terhubung dan sebagai pengidentifikasi. Aplikasi ini bisa digunakan di iOS dan Android, bahkan bisa menelepon antarkedua perangkat berbeda," ujar Fulay, seperti dikutip The Verge, Jumat 20 Mei 2016.

Tri Indonesia Dapat Rezeki Nomplok dari WhatsApp, Zoom dan Google

Tampilan antarmuka Duo dibuat sesederhana mungkin. Tidak seperti Skype yang memiliki banyak tombol. Duo hanya memiliki satu tombol berbentuk kamera video yang jika ditekan menandakan percakapan akan dimulai. Tidak seperti FaceTime yang hanya khusus untuk pengguna iPhone. Duo bisa melakukan percakapan dari Android ke iPhone dan sebaliknya karena perangkat identifikasinya adalah nomor telepon pengguna.

Ketika dibuka, pengguna akan dihadiahkan video selfie wajah sendiri. Di sini, pengguna bisa menata diri terlebih dahulu, merapikan rambut atau menggunakan make-up sebelum memulai percakapan.

4 Fitur Baru Google Duo, Grup Video Call Jernih tanpa Boros Kuota

Di bagian bawah terdapat daftar kontak yang bisa anda scroll ke bawah untuk mencari lawan bicara. Tekan tombol kamera video dan percakapan bisa langsung dimulai.

Dalam Duo, pengguna bisa mematikan mikrofon (mute) sehingga suara tidak terdengar. Bahkan kamera depan dan belakang bisa digunakan secara bergantian. Sayangnya, tidak bisa melakukan video conference, atau percakapan video secara beramai-ramai di Duo.

Aplikasi ini diklaim akan mudah digunakan karena desainnya yang simpel tersebut. Bahkan ukuran aplikasi Duo pun tergolong ringan, hanya 5 MB.

Sama seperti Allo, Duo juga masih dalam status 'Coming Soon' di Google PlayStore dan baru akan diluncurkan beberapa bulan ke depan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya