Enam Fitur Menarik Google Allo

Tampilan messeging Allo di mobile besutan Google.
Sumber :
  • www.theverge.com

VIVA.co.id – Google memastikan jika pesan instan Allo tidak dibuat untuk mematikan Hangouts. Allo dimunculkan untuk mengurangi dominasi WhatsApp.

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Salah satu kelebihan WhatsApp adalah aplikasi gratisan yang diusungnya. Beberapa waktu lalu sempat ada notifikasi jika WhatsApp akan dibebankan biaya sekitar Rp9800 per tahun. Namun sekarang notifikasi itu menghilang.

Ternyata Allo juga disebut sebagai jawaban Google untuk bersaing dengan Facebook Messenger. Namun banyak kelebihan Allo yang ternyata tidak dimiliki pesan instan lain.

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Berikut enam fitur Allo yang dianggap cukup menarik dan tidak dimiliki WhatsApp maupun Facebook Messenger.

1. Asisten pribadi dari Google
Saat sedang melakukan percakapan, pengguna bisa memasukkan bantuan dari Google, entah itu hasil pencarian/rekomendasi dari Google Search maupun game yang menghibur.

YouTube Premium Bisa Dinikmati 10 Negara, Ada Pulau Paling Sial

2. Smart Reply
Pengguna bisa membalas percakapan tanpa harus repot-repot mengetik teks. Kolom ketik akan merekomendasikan beberapa kata yang sesuai untuk menjawab percakapan.

3. Ink
Allo ternyata tidak hanya bisa memposting teks dan gambar biasa. Gambar bisa diedit atau ditambahkan teks secara langsung di aplikasi berkat fitur Ink, tanpa bantuan aplikasi edit foto.

4. WhisperShout
Untuk membuat ekspresi pada teks, Allo tidak hanya menyediakan emoji tapi juga karakter yang bisa diperbesar dan diperkecil secara otomatis. Kalimat dengan huruf yang diperbesar bisa difungsikan untuk mengekspresikan kegembiraan, amarah, dan sejenisnya. Sedangkan huruf yang diperkecil bisa untuk mengekspresikan berbisik, berbicara pelan, atau rahasia.

5. Sticker
Pesan instan akan terasa hambar tanpa stiker khusus. Selain emoji yang umum digunakan, Google juga mendesain stiker khusus bagi Allo. Entah apakah stiker ini akan digratiskan atau berbayar seperti yang dilakukan Line, Facebook Messenger dan KakaoTalk.

6. Incognito Mode
Ini merupakan fitur yang memungkikan pengguna berbicara secara rahasia dan menghindari penyadapan. Percakapan dengan mode Incognito akan membuat perbincangan rahasia terenkripsi dan bisa disimpan dalam durasi yang ditentukan.

Setidaknya itu beberapa fitur yang ada di Google Allo, sesuai dengan penjelasan di PlayStore. Aplikasi pesan instan ini masih bertuliskan 'Coming Soon' dan Google dijadwalkan akan meluncurkannya musim panas nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya