Uber Terjun ke Bisnis Omprengan

Ilustrasi Uber
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson/File Photo

VIVA.co.id – Uber meluncurkan , layanan yang memungkinkan orang bepergian dengan rute dan pada waktu yang sama untuk berbagi perjalanan di Jakarta, Indonesia. Layanan ini menjadi solusi bagi kemacetan dan kepadatan lalu lintas di ibu kota. Diketahui, saat ini kebanyakan perjalanan di ibu kota membawa satu penumpang per kendaraan.

Uber dapat Kucuran Dana US$3,5 Miliar dari Arab Saudi

Catatan Ditlantas Polda Metro Jaya akhir 2015 menunjukkan jumlah 6.000 kendaraan baru melaju di jalanan ibu kota, sementara data Dishubtrans DKI Jakarta menunjukkan ada 25,7 juta perjalanan di Jakarta setiap harinya.

Praktis dengan kondisi tersebut, kecepatan rata-rata lalu lintas di ibu kota Indonesia ini makin menurun. Data Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menunjukkan kecepatan rata-rata kendaraan telah turun ke titik di bawah 9-12 kilometer per jam.

Chairul Tanjung: Partai Politik Harus Belajar dari Uber

Dengan kepadatan tersebut, durasi perjalanan rata-rata di jam sibuk adalah 4 jam per hari. Kepadatan lalu lintas seperti ini sangat buruk bagi produktivitas di Jakarta, dan polusi yang
dihasilkannya merusak kualitas hidup masyarakat.

“UberPOOL adalah cara untuk membawa lebih banyak orang dalam jumlah mobil lebih sedikit,” kata Mike Brown, Regional General Manager Uber Asia Pacific dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 19 Mei 2016.

Dekati China, Apple Suntik Pesaing Uber US$1 Miliar

Indonesia merupakan yang negara pertama di Asia Tenggara, dan ke-8 di seluruh dunia di mana diperkenalkan, sementara Jakarta menjadi kota ke-37 di dunia.

"Membawa lebih banyak orang dalam jumlah mobil lebih sedikit, tanpa biaya tambahan bagi pemerintah, dan juga mengurangi biaya perjalanan warga Jakarta, merupakan sesuatu yang sederhana namun sangat efektif," kata Mike.

Layanan uberPOOL itu juga disambut oleh Nyoman Iswarayoga, dari organisasi lingkungan WWF Indonesia. Dia mengatakan angkutan massal bukanlah satu-satunya pilihan yang mampu mengurangi emisi karbon.

Menurutnya, carpooling atau aktivitas menggunakan kendaraan bersama-sama atau berbagi mobil, dengan bantuan teknologi merupakan contoh praktis bagaimana inovasi dapat mentransformasi kota serta mengurangi kepadatan lalu lintas dan memangkas polusi.

Uber menjelaskan layanan uberPOOL ini punya ragam manfaat. Dari sisi efisiensi, biaya menumpang layanan ini lebih terjangkau, bisa lebih murah 25 persen dibandingkan biaya layanan uberX.

Biaya perjalanan uberPOOL akan ditetapkan di depan. Uber menjelaskan dalam hal penumpang tidak dipasangkan dengan penumpang lain selama perjalanan, maka penumpang akan membayar jumlah yang sama.

Pada uberPOOL ini, merupakan layanan yang seperti omprengan. Penumpang satu akan dipasangkan dengan penumpang lainnya yang memiliki rute searah.

Mengingat perjalanan akan melibatkan orang lain yang kemungkinan besar belum pernah kenal, maka Uber memastikan layanan ini disertai dengan fitur keselamatan. Uber mengatakan, perjalanan akan dilacak melalui GPS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya