ISIS Bikin Aplikasi Android untuk Anak-anak

Aplikasi Android ciptaan ISIS
Sumber :
  • www.thenextweb.com

VIVA.co.id – Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terbilang cukup masif ‘bergerilya’ di dunia maya. Kelompok itu rajin memanfaatkan berbagai platform teknologi untuk merekrut simpatisan.

Perusahaan Tak Punya Aplikasi Mobile, Siap-siap Ketinggalan

Soal merekrut simpatisan, ternyata juga tidak hanya menyasar kaum dewasa saja. Anak-anak pun menjadi sasaran niat kelompok ekstremis tersebut. ISIS terungkap membuat aplikasi untuk anak di platform mobile.

Dikutip dari BGR, Rabu 18 Mei 2016, menurut laporan dari Long War Journal, ISIS diketahui telah mengembangkan yang mengajarkan kepada anak-anak tentang huruf alfabet Arab, atau huruf Hijaiyah.

Pamer Aplikasi Baru, Dirut PLN Tampil Bikin Podcast

Sesuai dengan dunia anak pada umumnya, aplikasi ini didesain semenarik mungkin dengan tampilan warna-warni.

Dalam pengenalan huruf Hijaiyah tersebut, ISIS menyisipkan misi indoktrinasinya. Setiap huruf Hijaiyah diberikan tambahan keterangan gambar yang terkait dengan misi militer, peperangan, dan pertempuran.

New Normal Saat Corona, Belanja Lewat Aplikasi Mobile Jadi Terbiasa

Misalnya pada aplikasi itu tertuang huruf Hijaiyah, ‘sad’ dicontohkan dengan benda bernama ‘Saarukh’, yang berarti roket. Kemudian, huruf ‘dha’, dicontohkan dengan ‘Dhakhiira’ yang berarti amunisi. Ada lagi huruf Hijaiyah, ‘ba’, dicontohkan dengan ‘Bundqiya’ yang artinya senapan.

"Aplikasi ini punya permainan memori dan bagaimana menuliskan huruf Arab dengan tambahan lagi islamik yang dirancang untuk membantu mengajari alfabet," tulis Long War Journal.

Tercatat, aplikasi alfabet itu bukan aplikasi mobile pertama yang dibuat ISIS. Long War Journal mencatat ISIS juga memiliki beberapa video dari provinsi yang memerdekakan diri dan menunjukkan mereka melatih anak-anak untuk mendapat indoktrinasi. Video lain yang ditemukan menunjukkan anak-anak terlibat dalam pemenggalan dan eksekusi tahanan ISIS.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/18/573c0cd7abcfa-aplikasi-android-ciptaan-isis_663_382.jpg

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya