Kurangi Polusi di Jakarta, Ini Saran AS

Dubes AS untuk Indonesia, Robert Blake.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Duta Besar Amerika Serikat (AS), Robert Blake, mengatakan, salah satu kota di AS yang paling tinggi polutan adalah Los Angeles. Seperti halnya di Amerika Serikat, untuk di Indonesia, kata Blake, Jakarta adalah kota yang menjadi pusat udara.

Jakarta Menempati Posisi 49 Kota dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia

"Di Jakarta, sebagaimana kota besar di seluruh dunia, sumber pencemaran udara berasal dari transportasi," ujar Blake di Kompleks Kedutaan AS, Jakarta, Selasa 17 Mei 2016.

Begitu juga dengan Los Angeles, kata Blake, pencemaran terbanyak juga disebabkan oleh kendaraan. Akhirnya, di kota tersebut diterapkan untuk menggunakan kendaraan hibrid. Terobosan itu akhirnya diklaim sukses membawa Los Angeles berkurang dari .

CEK FAKTA PILPRES 2024: Prabowo Sebut Polusi Jakarta Tertinggi di Dunia

Nah, pada masa di bawah kepemimpinan Presiden Barack Obama, Blake mengatakan, pemerintah menerapkan dua hal untuk membuat Amerika bersih dari polusi. Yakni meningkatkan standar efisiensi bahan bakar dan memberikan insentif bagi para pembuat mobil hybrid.

"Itu adalah menurut saya, salah satu (cara mengurangi polusi Jakarta) dengan mendorong (penggunaan) mobil hybrid," ucap Blake.

Viral Foto Polusi Udara Selimuti Gedung Pencakar Langit Jakarta Selasa Pagi Ini

Sementara itu, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dasrul Chaniago, di tempat yang sama menuturkan, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah untuk mengurangi polutan dengan aturan bahan bakar non timbal.

"(Adanya kebijakan) memperbaiki kualitas bahan bakar yang dijual," tutur dia.

Mengenai kendaraan hybrid, pemerintah sudah mulai pula untuk mendorong produksi mobil hybrid di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memberi keringanan pajak bagi industri otomotif yang mengerjakan kendaraan tersebut.

Sebagai catatan, mobil hybrid ialah kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi untuk sumber tenaga pada mobil, yaitu oleh mesin bensin dan juga baterai sebagai sumber tenaga.

Keunggulan kendaraan hybrid yaitu dapat menghemat bahan bakar hingga dua kali lipat dari model mobil konvensional. Selain itu, pada kendaraan hybrid lebih sedikit memberikan polusi udara karena tak terlalu banyak mengonsumsi bensin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya