Dua Smartphone Coolpad Sudah 4G LTE, Tapi Dihadang TKDN

Ponsel baru Coolpad
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Coolpad telah merilis dua produk terbarunya secara global di Indonesia, yakni Max dan Max Lite, Senin, 16 Mei 2016. Namun, dalam pemaparannya, mengatakan kedua smartphone tersebut masih mengandalkan jaringan 3G. Padahal pasar gawai telah diramaikan dengan smarpthone yang mendukung jaringan 4G.

Bocoran Rahasia Kerja Kamera Cool Dual
Mengenai hal tersebut, Chief Executive Officer (CEO) Coolpad Group, Douglas Li dalam
konferensi pers di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, mengungkapkan secara tidak langsung kalau kedua produknya itu sudah memungkinkan berjalan di atas jaringan generasi keempat.
 
Persoalannya, karena Indonesia tengah memperketat masuknya smartphone 4G dengan aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri Sehingga, setiap produsen smartphone harus menaati 'ponsel made in Indonesia' itu, termasuk Coolpad bila memasarkan smartphone 4G di Tanah Air.
 
Coolpad Fancy Pro, RAM 3GB Harga di Bawah Rp2 juta
"Coolpad sebagian besar memiliki produk 4G, sebagiannya lagi belum berkemampuan 4G. Ke depan kami akan produk smartphone 4G di Indonesia. Sekarang (untuk Max dan Max Lite) secara hardware mendukung (4G LTE) tapi belum dibuka," ucap Li.
 
TKDN Abu-abu Jegal Ponsel Asing Unggulan Masuk ke RI
 
Li tidak secara terbuka mengumumkan kalau Max dan Max Lite merupakan perangkat yang menunjang jaringan 4G. Dia mengatakan, pemerintah Indonesia belum mengizinkan produk 4G yang belum TKDN masuk ke Indonesia, sehingga Coolpad harus memenuhi tingkat komponen lokal pada handset 4G-nya tersebut.
 
"Terkait dengan aturan (TKDN), kami belum dapat izin pemerintah. Maka dari itu kami mengeluarkan produk 3G," kata Li. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya