Unik, Startup Lokal Ini Beri Pinjaman Lewat Gadai Online

Ilustrasi startup
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Perusahaan rintisan (startup) lokal mulai menjamur. Salah satu lokal dan unik adalah seperti Pinjam.co.id. Startup ini memberikan layanan gadai barang secara online. Proses secara online ini mempermudah masyarakat yang membutuhkan dana cepat.

Start Up Lokal Ini Sediakan Platform Rekomendasi Barang

"Solusi dana cepat dan mudah ini diberikan oleh Pinjam.co.id bagi masyarakat Indonesia dalam upaya pencapaian visi penguatan bisnis di segala lapisan masyarakat, khususnya industri mikro kecil menengah (UMKM)" ujar salah satu pendirinya, Teguh Ariwibowo dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id, Senin 16 Mei 2016.

Teguh menjelaskan, untuk bisa mendapatkan pinjaman dari Pinjam.co.id harus dengan barang online. Caranya, pengguna cukup membuka website Pinjam.co.id. Kemudian, pilih kategori barang yang digadaikan, selanjutnya, penggadai dipersilakan untuk mengunggah foto barang miliknya lengkap dengan spesifikasinya.

Arek Surabaya Kembangkan Aplikasi untuk Jomblo

Taksiran harga pun akan muncul di layar website. Jika setuju dengan harga yang ditawarkan Pinjam.co.id, penggadai bisa datang ke kantor Pinjam.co.id untuk mengantarkan barang. Jika ingin dijemput, Pinjam.co.id punya mitra untuk menjemput barang tersebut ke alamat penggadai.

"Setelah tim kami selesai memeriksa kondisi barangnya, akan dapat konfirmasi berapa nilai pasti dari barang tersebut. Kalau oke, uangnya akan langsung ditransfer," kata Teguh.

Berawal dari Malas, Teman Virtual Bang Joni Terlahir

Untuk kategori barang yang dapat digadaikan, Teguh mengatakan, antara lain sepeda motor, mobil, laptop, handphone, tablet PC, kamera, hingga perhiasan emas. Produk yang digadaikan tersebut juga dilindungi dengan asuransi, sehingga dapat diambil kapan pun pelanggan membutuhkannya.

Untuk proses pengembalian uang pinjaman, diserahkan kepada si penggadai. Teguh mengatakan, penggadai diberikan pilihan waktu dari satu pekan hingga empat bulan. Pinjaman ini memang berbunga. Untuk bunganya, Pinjam.co.id berlakukan 0,7 persen dari total pinjaman, yang dibayarkan tiap pekan hingga waktu pelunasan atau pengembalian barang gadai.

"Kami ada customer care yang ingetin tiap minggu menjelang jatuh tempo," ujar dia.

Jika terlambat membayar, penggadai dikenakan denda tiga persen. Pinjam.co.id berada di bawah naungan PT Kode Morse Indonesia, yang merupakan perusahaan teknologi digital berbasis keuangan.

Selama satu tahun belakangan menjalankan startup itu, PT Kode Morse Indonesia telah memberikan pinjaman dana sekitar Rp2 miliar kepada masyarakat. Pada Juni 2016, platform digital ini akan menghadirkan aplikasi mobile Pinjam.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya